Sukses


4 Pemain yang Bisa Jadi Senjata Timnas Indonesia U-17 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023: Kualitas Tak Kaleng-kaleng

Bola.com, Jakarta - Setelah Timnas Indonesia U-20 dan Timnas Indonesia senior, kini giliran Timnas Indonesia U-17 yang akan berlaga. Tim asuhan Bima Sakti akan menghadapi ajang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Indonesia menjadi tuan rumah ajang kualifikasi ini, tepatnya Grup B. Semua pertandingan di Grup B ini akan digelar di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat mulai 1 Oktober 2022.

Timnas Indonesia U-17 dihadapkan pada lawan-lawan yang cukup berat di Grup B. Ada dua tim Timur Tengah yang terkenal sulit dikalahkan yakni Palestina dan Uni Emirat Arab. Kemudian ada Malaysia dan Guam yang tak bisa dianggap remeh.

Laga pertama pasukan Bima Sakti akan berlangsung pada 3 Oktober 2022. Lawan yang bakal mereka hadapi adalah Guam.

Bima Sakti telah memanggil 36 pemain untuk mengikuti ajang ini. Sampai saat ini, proses seleksi masih terus dilakukan.

Namun, kemungkinan besar para penggawa yang membawa Timnas Indonesia juara Piala AFF U-16 2022 lalu bakal tetap mendapatkan tempat. Termasuk empat pemain ini yang bisa menjadi andalan Timnas Indonesia U-17 di ajang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

 

2 dari 5 halaman

1. Muhammad Iqbal Gwijangge

Gwijangge tampil luar biasa di ajang Piala AFF U-16 202. Ia mampu menjadi kapten dan bek tengah yang apik bagi skuad Garuda Asia.

Tak heran, gawang Timnas Indonesia U-16 hanya kebobolan dua kali di sepanjang turnamen Piala AFF U-16 2022 yang lalu.

Saat itu, Gwijangge mendapatkan gelar individu sebagai pemain terbaik turnamen. Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 akan menjadi ujian selanjutnya bagi pemuda berusia 16 tahun itu.

 

3 dari 5 halaman

2. Nabil Asyura

Nabil juga bakal kembali menjadi andalan skuad Bima Sakti. Dia adalah pencetak gol terbanyak Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022 dengan empat gol.

Nabil hampir menjadi top scorer turnamen saat itu. Namun, ia hanya kalah satu gol dari striker Thailand, Tontawan Puntamunee.

Dengan pencapaian di Piala AFF U-16 2022, Nabil tentu akan lebih diwaspadai oleh para pemain lawan. Jika mampu mengatasi itu, karier Nabil seharusnya bisa terus melejit.

 

4 dari 5 halaman

3. Kafiatur Rizky

Kafiatur adalah pemain yang menarik. Posisi bermainnya adalah gelandang serang atau gelandang tengah, tapi identik dengan nomor punggung 9.

Di final Piala AFF U-16 2022, Kafiatur menjadi pahlawan Indonesia. Ia mencetak satu-satunya gol ke gawang Vietnam pada final di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Sekilas pemain satu ini memang terlihat lamban dan tidak memiliki kecepatan. Namun, kemampuannya dalam membaca permainan dan melihat peluang yang tipis untuk menembak maupun mengumpan patut diberikan apresiasi.

 

5 dari 5 halaman

4. Hanif Ramadhan

Meski dibombardir playmaker asing, sepak bola Indonesia rupanya tak pernah kering menghasilkan playmaker berkualitas. Setelah era Firman Utina, Evan Dimas, kemudian saat ini Syahrian Abimanyu, ada satu playmaker muda yang layak diperhatikan kiprahnya.

Sosok yang dimaksud adalah Hanif Ramadhan. Hanif merupakan playmaker modern yang tidak hanya bermain stylish di posisi nomor 10.

Ia bisa sangat diandalkan dalam memotong serangan lawan. Bisa dikatakan ia memiliki kemampuan pemain nomor delapan dan enam klasik.

 

Video Populer

Foto Populer