Sukses


Mendengar Murottal Alquran hingga Berdzikir Jadi Ritual Wajib Iqbal Gwijangge Sebelum Bela Timnas Indonesia U-17

Bola.com, Sentul - Bek Timnas Indonesia U-17, Iqbal Gwijangge, punya dua ritual khusus sebelum bertanding. Iqbal memilih mendengarkan murottal dan berdzikir untuk bisa menenangkan hati dan pikiran jelang pertandingan.

Kedua ritual itu sudah dilakukan Iqbal Gwijangge sejak membela Timnas Indonesia U-16 di bawah asuhan Bima Sakti. Tradisi itu juga rencananya akan dibawa ke Timnas Indonesia U-17 yang berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

"Sebelum pertandingan di ruang ganti, coach Bima memperbolehkan kami mendengarkan murottal agar kami bisa lebih tenang lagi. Kemudian dzikir dan mengingat lagi instruksi saat latihan agar kami tidak bingung," kata Iqbal Gwijangge.

Timnas Indonesia U-17 tergabung di Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 bersama Guam, Malaysia, Uni Emirat Arab, dan Palestina. Pada laga pembuka, Iqbal Gwijangge akan menghadapi Guam di Stadion Pakansari, Cibinong, Senin (3/10/2023).

2 dari 5 halaman

Semua Agama

Pelatih Bima Sakti menyebut, ritual seperti itu tidak hanya untuk pemain Timnas Indonesia U-17 yang muslim saja. Mereka juga menyiapkan rekaman video doa dan pujian dari agama lain.

"Kebiasaan kami memberikan kesempatan buat mereka. Kami banyak memiliki video-video, bukan hanya muslim saja. Non muslin juga ada," ucap Bima Sakti.

"Kami memberikan kesempatan kepada semua untuk berdoa sesuai agama masing-masing. Sambil melihat wajah orang tua melalui foto," tegas Bima Sakti.

3 dari 5 halaman

Coret Sembilan Pemain

Pelatih Bima Sakti juga mengaku sudah memulangkan sembilan pemain dari Timnas Indonesia U-17. Penyebabnya adalah regulasi AFC yang hanya memperbolehkan tim mendaftarkan 23 pemain untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

"Semua pemain sudah siap dan kami sempat memulangkan sembilan pemain," ujar Bima Sakti.

"Sebagian besar merupakan pemain-pemain yang ikut ke AFF kemarin. Sengaja kami bawa ke Bogor untuk menjaga kekompakan sampai detik akhir sesuai regulasi harus 23 pemain," jelas Bima Sakti.

4 dari 5 halaman

Semakin Bagus

Muhammad Iqbal Gwijangge juga menyebut persiapan timnya makin solid. Para pemain disebut makin kompak dan sudah memiliki chemistry yang sesuai.

"Kondisi tim Alhamdulillah semakin hari semakin membaik. Semakin kompak dan chemistry semakin dapat," ucap Iqbal Gwijangge.

"Semoga pada pertandingan nanti bisa mendapatkan hasil yang maksimal," tegas  Iqbal Gwijangge.

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia U-17

Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

  • 3/10/2022 - Guam Vs Timnas Indonesia U-16
  • 5/10/2022 - Timnas Indonesia U-16 Vs Uni Emirat Arab
  • 7/10/2022 - Palestina Vs Timnas Indonesia U-16
  • 9/10/2022 - Timnas Indonesia U-16 Vs Malaysia

Video Populer

Foto Populer