VIDEO: Pesan Menpora Zainudin Amali untuk Suporter Setelah Tragedi Stadion Kanjuruhan Telan Banyak Korban

VIDEO: Pesan Menpora Zainudin Amali untuk Suporter Setelah Tragedi Stadion Kanjuruhan Telan Banyak Korban

- Menpora (Menteri Pemuda dan Olahraga) Republik Indonesia (RI), Zainudin Amali, turut berduka cita atas tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang pada Sabtu (1/10/2022) malam hari WIB. Ia juga mengingatkan dan memberikan pesan kepada para suporter seusai kericuhan yang menelan banyak korban itu.

"Pertama saya sampaikan kepada yang meninggal dunia rasa duka yang mendalam. Saya prihatin terhadap kejadian ini," kata Menpora Zainudin Amali setelah melepas 1.500 peserta lomba lari PR Ignite Paramarta, Charity Run For Every Heart Bandung 2022, di Halaman Gedung Merdeka Bandung, Jawa Barat, dalam rilis yang diterima Bola.com pada Minggu (2/10) pagi hari WIB.

Menpora Amali berharap kejadian serupa tak terjadi lagi dikemudian hari. Menpora juga berharap edukasi-edukasi yang baik terhadap suporter kembali gencar dilakukan. edukasi-edukasi kepada para suporter dan penonton itu harus lebih dilakukan lebih masif lagi, disadarkan bahwa pertandingan olahraga baik sepakbola atau cabang olahraga apapun pasti ada yang memang dan ada yang kalah, sehingga apapun itu harus diterima," ujar Zainudin Amali.

Banyaknya suporter yang tewas di Stadion Kanjuruhan diduga karena sesak nafas akibat penembakan gas air mata dan terinjak-injak. Pembubaran suporter, yang sempat masuk ke dalam lapangan dan melakukan aksi perusakan, menggunakan gas air mata tidak diperbolehkan dalam aturan FIFA. Merujuk FIFA stadium safety and security regulation pasal 19, poin b, disebutkan pelarangan menggunakan senjata api atau gas pengendali massa.

Bagaimana pernyataan lengkap Menpora Zainudin Amali terkait tragedi Stadion Kanjuruhan yang memakan banyak korban? Para pembaca bisa menyimaknya dalam tayangan di atas.

Ringkasan

Oleh Okie Prabhowo pada 02 October 2022, 13:13 WIB

Video Terkait

Spotlights