Sukses


Sepak Terjang Bima Sakti bersama Timnas Indonesia di Level Junior: Juara dan Peringkat Ketiga

Bola.com, Jakarta - Bima Sakti baru sekitar empat tahun menjalani karier sebagai pelatih profesional. Namun, kiprah eks gelandang jangkar itu bisa dikatakan sudah cukup bagus.

Bima Sakti mengawali karier kepelatihannya dengan menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia di tahun 2017. Saat itu ia menjadi salah satu asisten bagi Luis Milla Aspas.

Ketika Milla tak mau lagi menukangi Garuda di tahun 2018. Bima Sakti mengambil alih kursi kepelatihan yang ditinggalkan Milla.

2 dari 5 halaman

Pengalaman Berharga

Ajang Piala AFF 2018 menjadi debut Bima bersama Timnas Indonesia senior saat itu. Meski ajang itu tampaknya tak mau terlalu diingat oleh Bima.

Timnas Indonesia tampil buruk saat itu. Stefano Lilipaly dan kolega gagal melaju dari babak fase grup setelah kalah bersaing dari Vietnam dan Thailand. Sosok Bima Sakti juga mendapat pengalaman berharga kala itu.

3 dari 5 halaman

Mulai Bersinar di Level Junior

Setelah kegagalan itu, Bima Sakti turun kasta. Legenda Persiba Balikpapan itu mendapatkan tugas menukangi Timnas Indonesia U-16.

Ajang Piala AFF U-16 2019 pun menjadi turnamen debut Bima bersama Garuda Asia. Saat itu penampilan I Made Kaicen dan kawan-kawan cukup bagus.

Mereka bisa melaju hingga babak semifinal. Di fase tersebut, Timnas Indonesia U-16 pun hanya kalah 0-2 dari Thailand yang menjadi tuan rumah.

Di laga perebutan juara ketiga, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2 melalui adu tendangan penalti.

4 dari 5 halaman

Juara di Sleman

Kiprah Bima Sakti di Timnas Indonesia U-16 tetap berlanjut. Ia mendapatkan gelar pertama sebagai pelatih pada Agustus 2022 yang lalu.

Timnas Indonesia U-16 menjadi juara ajang Piala AFF U-16 2022. Ajang itu berlangsung di Indonesia, tepatnya di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di babak final, Garuda Asia mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0. Saat itu, Kafiatur Rizky menjadi pahlawan kemenangan Garuda Asia.

Kini publik kembali menanti kiprah Bima Sakti bersama Timnas Indonesia U-17. Tantangan yang harus dihadapi Bima adalah membawa Riski Afrisal melaju ke Piala Asia U-17 2023.

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia U-17

Kualifikasi Grup B Piala Asia U-17 2023

Video Populer

Foto Populer