Sukses


Belasungkawa dari Pelatih Bali United atas Insiden Maut Kanjuruhan: Sangat Buruk untuk Nama Sepak Bola Indonesia

Bola.com, Bali - Pelatih kepala Bali United, Stefano Cugurra menyayangkan insiden maut Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang pada hari Sabtu (01/10/2022) lalu.

Ratusan orang tersebut meninggal dunia usai pertandingan antara Arema FC versus Persebaya Surabaya yang berakhir dengan skor 2-3.  

Ya, duka kembali terjadi di sepak bola Indonesia. Sebelumnya, saat pramusim, dua suporter Persib Bandung juga dinyatakan meninggal dunia.

Kini, saat pekan sebelas Liga 1 yang mempertemukan dua tim besar dari Jawa Timur kembali memakan korban.

"Situasi sangat buruk buat nama sepak bola Indonesia di dunia. Tahun ini di Piala Presiden sudah meninggal dua suporter dari Persib," kata Teco-sapaan akrab Stefano Cugurra. 

"Belum ketemu solusi buat organisasi di dalam sama di luar stadium untuk lebih bagus buat tidak terjadi lagi,” lanjut Coach Teco.

 

 

 

2 dari 5 halaman

Korban Terbanyak Kedua Sepanjang Sejarah Pertandingan Sepak Bola

Peristiwa yang memakan korban di sepak bola Indonesia ini menjadikan sejarah kedua berdarah di dunia.

Total terbesar yang memakan korban dari suatu kompetisi sepak bola terjadi pada 24 Mei 1964 yang terjadi di stadion Estadio Nacional, Lima, Peru yang menewaskan 328 korban jiwa.

 

 

 

 

3 dari 5 halaman

Dapat Hiburan Bukan Ancaman

Teco yang pernah menangani Persebaya Surabaya awal kariernya di Indonesia ini mengakui bila seharusnya suporter datang untuk mendapat hiburan bukan ancaman. Apalagi kehilangan nyawa yang meninggalkan keluarga di rumah.

“Sepak bola seharusnya adalah hiburan buat suporter yang datang buat nikmati pertandingan dan selesai pertandingan pulang ke rumah dengan aman,” jelas Coach Teco.

 

4 dari 5 halaman

Suporter Agar Lebih Dewasa

Pelatih yang sukses meraih tiga trofi Liga 1 ini berharap agar semua suporter tim sepak bola yang ada di Indonesia lebih dewasa. Ia menyadari bila hasil sepak bola adalah tiga hasil yang harus diterima. 

“Harapan untuk semua suporter lebih dewasa. Datang ke stadium cuma buat nikmati pertandingan dan balik semua ke rumah dengan aman," kata Teco.

"Suporter harus bisa terima tiga hasil yang ada di dalam sepak bola yaitu menang, seri, atau kalah,” lanjutnya.

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer