Sukses


Tak Putus Doa untuk Korban Tragedi Kanjuruhan, Hening Cipta di Vatikan dari Paus Fransiskus

Bola.com, Vatikan City - Ucapan belasungkawa dan doa mengalir deras untuk korban tragedi Kanjuruhan di Malang, Sabtu (1/10/2022).

Dari Vatikan, Paus Fransiskus turut mendoakan korban insiden paling mematikan dalam sejarah sepak bola Indonesia itu.

"Saya berdoa untuk mereka yang kehilangan nyawa dan yang terluka setelah bentrokan yang meletus setelah pertandingan sepak bola di Malang, Indonesia," kata Paus Fransiskus dikutip dari laman Vatican News via Liputan6.com, Senin (3/10/2022).

Berdasarkan data pemerintah, korban meninggal 125 orang. Ini menjadi pukulan besar bagi sepak bola Indonesia. Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022, akan selalu dikenang.

2 dari 5 halaman

Jumlah Korban

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengungkapkan bahwa korban tragedi Kanjuruhan mencapai 448 orang per Minggu (2/10/2022) malam WIB.

Dari 448 orang dalam tragedi Kanjuruhan itu, Muhadjir merinci 125 di antaranya tewas, 302 luka ringan, dan 21 orang luka berat.

Kerusuhan terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang pada Minggu (1/10/2022) malam WIB ketika Arema FC kalah 2-3 dari Persebaya Surabaya.

Suporter Arema, Aremania menyerbu ke lapangan dan dibalas tembakan gas air mata oleh polisi sehingga penonton berhamburan, berdesakan, hingga berkerumun yang berujung banyak orang menjadi korban jiwa.

3 dari 5 halaman

Bendera Setengah Tiang di Swiss

Ada pemandangan berbeda di markas FIFA di Zurich, Swiss, Minggu (2/10/2022). Kantor otoritas sepak bola dunia itu memasang bendera setengah tiang untuk mengenang korban tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Tragedi Kanjuruhan menelan 125 korban jiwa, 123 dari suporter Arema dan dua anggota polisi, setelah terjadi kericuhan usai laga Arema versus Persebaya Surabaya. Suporter masuk lapangan setelah Arema kalah 2-3 lalu polisi menembakkan gas air mata, yang membuat kepanikan massal.

“Dunia sepak bola sedang berduka menyusul insiden tragis yang terjadi di Indonesia pada akhir pertandingan antara Arema FC dan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan,” kata Presiden FIFA, Gianni Infantino.

 

4 dari 5 halaman

One Minute Silence Laga Real Madrid Vs Osasuna

Real Madrid Vs Osasuna mengheningkan cipta untuk tragedi Kanjuruhan Malang (Sumber: Instagram/realmadrid)

5 dari 5 halaman

Pita Hitam Laga Man City Vs MU

Kedua pemain juga berhasil mencatatkan rekor baru. Haaland berhasil menjadi pemain Liga Inggris pertama yang sukses mencetak hattrick dalam tiga laga kandang secara beruntun. Sementara itu, Phil Foden menjadi pemain termuda (22 tahun 127 hari) yang mampu mencetak 50 gol di bawah kepelatihan Pep Guardiola mengalahkan Lionel Messi (22 tahun 164 hari). (AP/Rui Vieira)

Video Populer

Foto Populer