Sukses


Tragedi Kanjuruhan Jadi Refleksi Suporter Indonesia: di Titik Nol Yogyakarta, Bonek dan Aremania Menangis Bersama

Bola.com, Malang - Tragedi Kanjuruhan menjadi momentum refleksi sejumlah suporter klub di Indonesia untuk menyudahi permusuhan dan merajut kedamaian.

Sejumlah warganet dengan akun komunitas maupun pribadi mulai mengkampanyekan penghentian rivalitas dengan pendukung tim lain yang selama ini dianggap musuh.

Beberapa foto yang beredar di media sosial, terutama Twitter memperlihatkan suporter Arema FC, Aremania dan militan Persebaya Surabaya, Bonek duduk bersama di titik 0 kilometer Yogyakarta untuk mendoakanΒ para korban tragedi Kanjuruhan.

Selain itu, fans PSS Sleman, yang dikenal punya hubungan yang tidak baik dengan pendukung tuan rumah, Brajamusti, juga turut berkumpul di titik 0 kilometer.

2 dari 8 halaman

Inisiasi Pendukung Persis dan Persebaya

Akun komunitas yang terafiliasi dengan suporter Persis Solo, Garis Keras Sambernyawa, @GK_1923 juga mengajak untuk menyetop ujaran kebencian kepada Brajamusti selaku pendukung PSIM Yogyakarta.

"Jika damai masih tahayul, minimal kita sepakat untuk menahan diri dan tidak mewariskan dendam ke generasi penerus dengan stop ujaran kebencian. Karena sejatinya damai itu kata kerja bukan kata benda," katanya.

Tokoh Bonek, Andie Peci bahkan bersikap untuk "mendukung apa pun langkah dan gerakan yang akan ditempuh Aremania dalam menyikapi tragedi di Kanjuruhan."

"Saya bersedia menjadi bagian dari langkah dan gerakan tersebut," tulisnya dalam akun @AndiePeci.

3 dari 8 halaman

Menantikan Perdamaian The Jakmania dan Viking

Sejumlah fans Persija Jakarta seperti @verybulux dan @RiefckyHermawa1 juga memutuskan untuk tidak lagi bertikai dengan suporter Persib Bandung, Viking.

Akun @IrsatOfficial yang terdeteksi sebagai penggemar Persija bahkan menantikan pernyataan penyudahan permusuhan dari The Jakmania dan Viking.

Tragedi Kanjuruhan menjadi kasus kematian paling mengerikan di sepak bola Indonesia yang merenggut 125 nyawa, 302 orang luka ringan, dan 21 orang luka berat.

4 dari 8 halaman

Brajamusti

5 dari 8 halaman

Bonek

6 dari 8 halaman

Suporter Persis

7 dari 8 halaman

The Jakmania

8 dari 8 halaman

Bobotoh

Video Populer

Foto Populer