Sukses


Menerka Markas Baru Arema Setelah Terusir dari Stadion Kanjuruhan untuk Lanjutan Liga 1

Bola.com, Malang - Sanksi dari Komdis PSSI sudah dijatuhkan untuk Arema FC, sebagai imbas dari tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Sebanyak 125 orang meninggal dunia dari dampak kerusuhan.

Sanksi yang paling berat tentunya Arema tidak boleh lagi bermain di Malang setelah Tragedi Kanjuruhan. Artinya tim berjulukan Singo Edan harus menggunakan homebase yang jaraknya minimal 250 kilometer dari Stadion Kanjuruhan Malang.

Arema FC bakal menjalani laga usiran untuk menyelesaikan sisa kompetisi musim ini. Pertandingan yang akan dijalani Arema juga digelar tanpa penonton.

Arema harus mencari markas baru dengan jarak yang lumayan jauh. Apabila jaraknya harus lebih dari 250 kilometer, tentu Arema FC tak bisa menggunakan stadion yang ada di Jawa Timur.

2 dari 5 halaman

Menuju Jawa Tengah-DIY?

Ada kemungkinan Arema pindah ke Jawa Tengah. Kebetulan ada beberapa stadion yang belum digunakan oleh tim Liga 1 untuk saat ini.

Beberapa stadion yang bisa menjadi alternatif sebagai markas baru Arema antara lain; Stadion Sultan Agung di Bantul hingga Stadion Mandala Krida di tengah Kota Yogyakarta.

Namun jarak antara Stadion Kanjuruhan dengan stadion di Yogyakarta atau Bantul sudah mencapai 400 kilometer.

3 dari 5 halaman

Stadion Lain

Masih ada banyak stadion lain yang bisa digunakan Arema dalam mengarungi sisa kompetisi musim ini. Stadion Gatot Soebroto, Magelang. Jaraknya juga sekitar 412 kilometer dari Malang.

Stadion itu sempat digunakan PSIS Semarang sebagai kandangnya, saat Stadion Jatidiri direnovasi. Selain itu, Singo Edan bisa menggunakan Stadion Citarum, Semarang. Kans lainnya bisa saja Arema berbagi kandang dengan Persis Solo di Stadion Manahan yang sedikit lebih dekat dari Malang.

4 dari 5 halaman

Fokus Penanganan Tragedi Kanjuruhan

Dengan demikian ada beberapa stadion yang dapat dijadikan sebagai markas baru Arema. Hanya saja untuk saat ini, tim Singo Edan belum membuat keputusan apapun mengenai hal itu.

Saat ini manajemen Arema memilih fokus membantu korban tragedi Stadion Kanjuruhan. Sudah dua hari ini mereka keliling bersama pemain dan pelatih untuk menengok korban dan memberi santunan.

5 dari 5 halaman

Kiprah Arema

Arema FC sudah melakoni 11 pertandingan di Liga 1 2022/2023. Tim besutan Javier Roca untuk sementara bertengger di urutan ke-9 dengan nilai 14.

Arema mencatat empat kemenangan, dua hasil imbang, dan lima kali menelan kekalahan. Termasuk di pertandingan terakhir saat takluk 2-3 dari Persebaya Surabaya yang berujung pada tragedy Kanjuruhan.

Video Populer

Foto Populer