Sukses


Kerusuhan Kanjuruhan: Manajemen Persebaya Bakal Berkomunikasi dengan Arema demi Perdamaian Bonek dan Aremania

Bola.com, Jakarta - Upaya mendamaikan suporter Persebaya Surabaya, Bonek, dengan suporter Arema FC, Aremania, mulai memperlihatkan langkah konkret.

Terbaru, manajemen Persebaya secara resmi akan bertemu dengan Arema untuk membahas hal tersebut.

Pengumuman ini diunggah oleh akun instagram resmi Persebaya, @officialpersebaya, dalam sebuah kiriman, Rabu (5/10/2022). Dalam keterangannya, klub Bajul Ijo bakal mengadakan pertemuan dengan Arema.

Keterangan yang berjudul “Nawaitu Perdamaian” itu diambil setelah Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan korban jiwa. Pihak Persebaya ingin Bonek bisa mengakhiri rivalitas atau permusuhan dengan Aremania.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 dari 6 halaman

Bunyi Keterangan Persebaya

“Kami manajemen Persebaya, bersama seluruh barisan, pelatih, pemain, staf, juga bersama teman-teman suporter Persebaya, pertama-tama ingin mengucapkan belasungkawa sebesar-besarnya terhadap seluruh korban dan keluarga atas tragedi di Kanjuruhan,” demikian bunyi kutipan tersebut.

“Azrul Ananda, perwakilan keluarga pemegang saham Persebaya, juga telah berkomunikasi langsung dengan Presiden Klub Arema Gilang Widya Pramana, untuk membahas hubungan kedua pihak ke depan.”

“Teman-teman bonek juga sudah berhubungan dengan teman-teman Aremania. Nawaitu-nya (niat) sama, untuk mengakhiri segala permusuhan, dan mengawali serta membina hubungan yang lebih baik ke depannya.”

“Kami juga sudah sepakat untuk melakukan pertemuan, antara Bonek dan Aremania, manajemen Persebaya dan Arema, untuk membahas niatan baik itu lalu mewujudkannya dalam program-program dan kegiatan yang konkret.”

“Semoga segala niat dan tujuan baik dari kedua pihak ini bisa dipahami dan didukung oleh sebanyak mungkin teman-teman, kalau memang belum bisa semuanya. Karena bagaimanapun, persaingan hanyalah 90 menit di lapangan, sebelum dan sesudahnya kita semua adalah saudara.”

3 dari 6 halaman

Tragedi Kanjuruhan

Langkah itu diambil untuk menyikapi Tragedi Kanjuruhan yang menyita perhatian publik dunia.

Sebanyak 125 orang meninggal dunia setelah Arema FC kalah 2-3 dari Persebaya Surabaya dalam pekan ke-11 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022).

Tragedi ini tidak melibatkan kerusuhan antar kelompok suporter lantaran Bonek tidak diperkenankan hadir sesuai perjanjian. Melainkan, Aremania melampiaskan kekecewaan dengan menginvasi lapangan stadion setelah kekalahan itu,

Dari sinilah pihak keamanan malah menyemprotkan gas air mata yang membuat massa berhamburan. Kebanyakan dari mereka sesak nafas dan sulit menghindar untuk keluar stadion hingga akhirnya melahirkan korban jiwa.

 

 

 

 

4 dari 6 halaman

Diperlukan Dialog antara Aremania dan Bonek

Upaya dialog antara Aremania dan Bonek saat ini memang diperlukan untuk bisa meredam perseteruan di antara mereka. Selama ini, dua kelompok suporter terbesar di Jawa Timur masih dalam hubungan yang belum mencair.

Sebelumnya, pentolan Bonek, Andie Peci, menyatakan bersedia datang ke Malang jika diizinkan oleh Aremania, melalui akun twitternya. Dia menawarkan diri terlibat dalam upaya untuk menyelesaikan permasalahan ini.

“Kalau diperbolehkan oleh Aremania, saya akan datang ke Malang untuk mengucapkan duka dan bersama-sama dalam gerakan usut tuntas tragedi di Kanjuruhan. Matur suwun,” tulis Andie Peci dalam akun twitternya, Senin (3/10/2022).

 

5 dari 6 halaman

Solidaritas Bonek

Bonek sendiri terus menunjukkan solidaritas dengan menggelar doa bersama untuk Aremania yang korban tragedi tersebut. Bahkan, mulai muncul rencana penggalangan dana untuk membantu keluarga korban.

Bonek juga menunjukkan duka cita mendalam dengan mengirim karangan bunga kepada Aremania yang diletakkan di depan Monumen Singa Tegar di Stadion Kanjuruhan, Malang, Senin pagi.

Karangan bunga itu dikirim oleh Green Nord 27 atau Bonek tribune utara beserta dari komunitas Bonek lainnya. Ungkapan belasungkawa juga tertera bersama karangan bunga lain yang juga diletakkan di tempat yang sama.

Manajemen Persebaya dan ribuan Bonek juga menggelar aksi solidaritas menyalakan lilin dan doa bersama untuk Aremania di Tugu Pahlawan, Surabaya, Senin malam. Terbau, Pemkot Surabaya mengadakan doa bersama di Balai Kota Surabaya, Selasa (4/10/2022) malam.

6 dari 6 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer