Sukses


Performa Timnas Indonesia U-17 saat Menumbangkan UEA di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023: Agresif dalam Menyerang

Bola.com, Bogor - Timnas Indonesia U-17 meraih kemenangan kedua atas Uni Emirat Arab (UEA) di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Dalam laga kedua Grup B yang berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (5/10/2022) malam WIB, Garuda Asia menang 3-2.

Timnas Indonesia U-17 langsung tancap gas di awal babak pertama. Tembakan voli M. Nabil Asyura (17') disusul sontekan Arkhan Kaka (29') untuk membawa tuan rumah memimpin dua gol terlebih dahulu.

Namun, Uni Emirat Arab berhasil menemukan kelemahan Garuda Asia. Lewat pertunjukan skill individual, Walid Mal Allah Alhammadi (31') dan Ghait Abdullah (39') berhasil memaksakan skor imbang saat jeda babak.

Tetapi pelatih Bima Sakti dengan pintar memasukkan Jenan Palevi. Pada akhirnya, sang supersub memberikan umpan akhir yang dituntaskan Arkhan Kaka untuk mencetak gol keduanya malam ini sekaligus gol kemenangan untuk timnya.

Kemenangan ini membuka kans Timnas Indonesia U-17 untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023 di Bahrain semakin besar. Secara umum performa antarlini tim Garuda Nusantara muda masih stabil, meski mendapat perlawanan sengit dari UEA.

2 dari 5 halaman

Lini Belakang

Pertahanan skuad Merah-putih muda cukup diuji oleh serangan sporadis UEA. Walau sempat kecolongan dua gol lawan, secara umum lini belakang Timnas Indonesia U-17 menunjukkan ksesolidan.

Bima Sakti memainkan kuartet Rizdjar Subagja, Sulthan Zaky, Iqbal Gwijangge, dan Habil Yafi di depan penjaga gawang Andrika Fathir.

Suthan Zaky dan Rizdjar Subagja tampil sangat tenang dalam mengantisipasi serangan balik cepat dari UEA. Dalam 20 menit awal, pertahanan skuad Garuda Nusantara sulit ditembus lawan.

Lini belakang Timnas Indonesia U-17 sedikit kedodoran menghadapi kebangkitan UEA. Gol-gol balasan tercipta saat Iqbal Gwijangge sedikit kehilangan konsentrasi.

3 dari 5 halaman

Lini Tengah

Permainan lini kedua Timnas Indonesia U-17 cukup baik sebagai jembatan dari belakang ke depan. Suplai bola ke lini depan untuk duet striker Nabil Asyurra dan Arkhan Kaka hampir tidak pernah berhenti.

Kafiatur Rizky, Figo Dennis, Zidan Arroysid, Riski Afrisal adalah barisan tengah yang diturunkan Bima Sakti dalam partai ini. Keempatnya mampu memerankan dengan baik posisinya masing-masing, ditambah masuknya Jehan Pahlevi di babak kedua membuat lini tengah Timnas Indonesia U-17 sulit dibendung.

Pergerakan Zidan Arrosyid misalnya di lini tengah sebagai sayap kanan, yang bermain penuh percaya diri. Beberapa kali aksinya membuat pemain UEA kewalahan menghentikannya.

Kemudian dengan gol kedua yang dicetak Arkhan Kaka, membuktikan lini tengah Timnas Indonesia U-17 sangat cerdik. Kualitas Kafiatur Rizky dalam memberikan umpan terobosan yang diselesaikan dengan dingin oleh Arkhan Kaka.

4 dari 5 halaman

Lini Depan

Hasil positif atas UEA membuktikan lini penyerangan Timnas Indonesia U-17 layak diacungi jempol. Ketajaman duet Arkhan Kaka dan Nabil Asyurra seperti menjadi momok bagi pertahanan UEA.

Anak asuh Bima Sakti tampil begitu lepas dan percaya diri. Visi permainan yang baik dan tidak terburu-buru dalam menyelesaikan peluang.

Lihat proses gol pertama yang dicetak Nabil Asyura, dengan cukup cerdik dalam penempatan posisi. Instingnya tajam dalam menyambut umpan silang sempurna dari Habil Yafi.

Kemudian Arkhan Kaka yang masih tampil luar biasa dengan mencetak gol keduanya usai rehat. Kerja sama yang apik dengan pemain tengah membuat serangan yang tak terduga. Bek-bek UEA kewalahan menebak pergerakan pemain muda Persis Solo itu.

5 dari 5 halaman

Hasil dan Jadwal Pertandingan

Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

  • Senin, 3 Oktober 2022
  • Timnas Indonesia U-17 Vs Guam (14-0)
  • Rabu, 5 Oktober 2022
  • Timnas Indonesia U-17 Vs Uni Emirat Arab (3-2)
  • Jumat, 7 Oktober 2022
  • Timnas Indonesia Vs Palestina
  • Minggu, 9 Oktober 2022
  • Timnas Indonesia Vs Malaysia

Video Populer

Foto Populer