Sukses


Kenapa Gol Penalti Palestina ke Gawang Timnas Indonesia U-17 Dianulir?

Bola.com, Bogor - Keputusan kontroversi wasit menghiasi menghiasi duel antara Palestina melawan Timnas Indonesia U-17 di Stadion Pakansari, Cibinong, Jumat (7/10/2022) malam. 

Timnas Indonesia U-17 berhasil menang 2-0 dalam laga ketiga Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 tersebut. Namun, ada keputusan yang sempat membuat publik bertanya-tanya.

Palestina, yang sedang tertinggal 0-2, pada menit ke-52 mendapat hadiah penalti dari wasit Ahmed Al Shammari. Penyebabnya, Andrika Fathir telah melanggar pemain lawan. Saat itu Husam Alshaer ditunjuk sebagai eksekutor penalti.

Tembakan Husam membentur mistar gawang. Kemudian memantul melewati garis gawang yang dikawal Andrika Fathir Rachman. Bola lalu kembali disambar oleh Husam Alshaer dan mendarat mulus di gawang Timnas Indonesia U-17.

 

2 dari 5 halaman

Kenapa Dianulir?

Wasit Ahmed Al Shammari menganulir gol tersebut. Wasit asal Qatar itu malah memberi tendangan bebas untuk Timnas Indonesia U-17, alih-laih memberikan penalti ulang untuk Palestina.

Hal itu disebabkan adanya diatur IFAB Laws of the Game edisi terbaru. Disebutkan bahwa eksekutor penalti tidak boleh menyambar bola rebound jika mengenai mistar gawang.

Gol akan disahkan jika bola rebound hasil terkena mistar gawang, disambar oleh rekan setim. Hal itu cukup menjelaskan mengapa gol penalti Husam Alshaer dianulir dan tidak dikenakan penalti ulang.

 

3 dari 5 halaman

Tertuang dalam Peraturan Terbaru IFAB

Berdasarkan peraturan terbaru IFAB untuk 2022/2023 ada sejumlah larangan untuk penendang penalti. Salah satunya adalah penendang penalti tidak boleh menyentuh bola lagi setelah tendangan dilakukan hingga bola mengenai pemain lain, baik rekan setim atau lawan.

Dalam tayangan ulang, tendangan Husam sebenarnya sudah melewati garis gawang Indonesia. Namun, wasit tidak menganggap hal tersebut sebagai sebuah gol.

 

4 dari 5 halaman

Menang 2-0

Timnas Indonesia U-17 sendiri akhirnya memastikan kemenangan 2-0 di laga ini. Masing-masing adalah hasil gol bunuh diri Ibrahim Alfuqaha (8’) dan tembakan Habil Akbar (51’). Mereka kini menduduki puncak klasemen Grup B dengan sembilan poin.

Berikutnya, Timnas Indonesia U-17 akan menghadapi Malaysia di laga terakhir, Minggu (9/10/2022). Duel ini jadi penentuan juara Grup B yang mendapat tiket otomatis ke putaran final lantaran Malayasia ada di runner-up dengan tujuh poin.

5 dari 5 halaman

Jadwal Berikutnya

Timnas Indonesia U-17 Vs Malaysia

Minggu, 9 Oktober 2022

pukul 20.00 WIB

Video Populer

Foto Populer