VIDEO: Presiden Joko Widodo Ungkap Indonesia Bebas dari Sanksi FIFA Usai Tragedi Kanjuruhan

VIDEO: Presiden Joko Widodo Ungkap Indonesia Bebas dari Sanksi FIFA Usai Tragedi Kanjuruhan

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pastikan Indonesia tidak akan di sanksi oleh FIFA atas insiden Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022.

Seperti yang kita ketahui, usai insiden tersebut Indonesia berpeluang disanksi FIFA karena insiden tersebut memakan banyak korban jiwa.

Presiden Jokowi diketahui sudah mendapatkan surat resmi dari FIFA berkaitan dengan tragedi terbesar kedua dalam sepak bola di dunia. Beberapa saat setelah Tragedi Kanjuruhan, Jokowi langsung berkomunikasi dengan FIFA.

"Surat dari FIFA ini adalah tindak lanjut pembicaraan saya per telepon dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, pada 3 Oktober 2022 lalu. Berdasarkan surat tersebut, alhamdulillah sepak bola Indonesia tidak dikenakan sanksi oleh FIFA," terang Presiden Jokowi dalam pernyataan resmi yang diunggah di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (7/10/2022) malam WIB.

Indonesia dan FIFA juga menjalin kerja sama untuk menetapkan standar keamanan stadion di Indonesia dan akan merumuskan standar dan protokol prosedur keamanan yang dilakukan oleh kepolisian berdasarkan standar keamanan internasional.

Hal tersebut dilakukan agar semua pihak dalam pertandingan sepakbola mengerti dalam melakukan protokol-protokol keamanan dalam sebuah pertandingan dan kebijakan-kebijakan seperti menembakan gas air mata tidak terjadi lagi.

Di akhir pernyataan, Presiden Joko Widodo juga menyebut jika presiden FIFA, Gianni Infantino juga akan berkunjung ke Indonesia dalam waktu dekat. Ini merupakan buntut dari Tragedi Kanjuruhan yang menyita perhatian internasional.

*(Video ini di edit oleh Cevin Natanael Ginting dari Universitas Sumatera Utara)

Ringkasan

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 08 October 2022, 17:39 WIB

Video Terkait

Spotlights