Sukses


Timnas Indonesia U-17 Takluk dari Malaysia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Netizen Gaungkan Kembali Local Pride Markus Horison

Bola.com, Bogor - Timnas Indonesia U-17 yang tampil apik dalam tiga laga pertama Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 secara mengejutkan takluk 1-5 dari Malaysia dalam laga terakhirnya, Minggu (9/10/2022).

Kekalahan ini membuat Tim Garuda Asia terancam gagal ke putaran final Piala Asia U-17 2023 dan netizen pun ramai mengenang video staf pelatih Timnas Indonesia U-17, Marcus Horison, yang menyebut local pride saat menjuarai Piala AFF U-16 2022.

Timnas Indonesia U-17 seakan antiklimaks saat menjalani laga terakhirnya di Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Tim asuhan Bima Sakti itu sudah tertinggal lima gol pada babak pertama.

Dengan gol hiburan Arkhan Kaka pada babak kedua, Tim Garuda Asia kalah 1-5 dalam laga terakhir Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 itu.

Timnas Indonesia U-17 harus finis di posisi kedua di Grup B dan bersaing dengan tim dari sembilan grup lainnya untuk memperebutkan tiket lolos dari enam runner-up terbaik.

Sayangnya, karena Grup H dan J hanya berjumlah tiga tim menyusul mundurnya Timor Leste dan Sri Lanka, peraturan dalam peringkat runner-up ini mengesampingkan hasil laga tim runner-up dengan tim peringkat keempat untuk grup yang berisi empat tim, dan tim peringkat keempat dan kelima untuk grup yang berisi lima tim seperti Grup B yang ditempati oleh Timnas Indonesia U-17.

Hal tersebut membuat kemenangan 14-0 atas Guam dan 2-0 atas Palestina menjadi tidak lagi dihitung karena kedua tim tersebut berada di dua posisi terbawah dalam Grup B.

Untuk klasemen runner-up terbaik, hanya kemenangan 3-2 atas Uni Emirat Arab dan kekalahan 1-5 dari Malaysia yang akan dihitung, sehingga Timnas Indonesia U-17 hanya mengoleksi tiga poin dan selisih gol minus tiga.

Kans Timnas Indonesia U-17 untuk lolos ke putaran final pun sangat tipis karena situasi itu membuat Timnas Indonesia U-17 tergantung dengan hasil dari grup lain, di mana saat berita ini diturunkan, Timnas Indonesia U-17 berada di posisi ketujuh dan masih ada empat grup yang belum menyelesaikan pertandingan terakhir sehingga kans itu masih ada walau tipis.

 

2 dari 10 halaman

Local Pride Kembali Bergaung di Media Sosial

Namun, satu yang pasti, kekalahan telak dari Malaysia yang membuat Timnas Indonesia U-17 yang sebelumnya berada di atas angin bak terjatuh. Situasi ini juga membuat netizen ramai di media sosial.

Menariknya, banyak yang mengingat video ketika tim ini, saat juara di Piala AFF U-16 2022, memperlihatkan staf kepelatihan tim, termasuk Marcus Horison, menggaungkan local pride.

Kala itu, ketika Timnas Indonesia U-16 tengah bersiap untuk melakukan seremoni juara di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Agustus 2022 lalu, Marcus Horison dan beberapa staf pelatih merayakan keberhasilan mereka dengan menggaungkan istilah local pride karena tim kepelatihan diisi oleh para pelatih lokal melalui video yang tersebar di media sosial.

Video tersebut pun menjadi viral dan timbul pro dan kontrak. Banyak yang menyayangkan sikap Marcus Horison dan staf kepelatihan dengan asumsi menyindir Shin Tae-yong yang gagal membawa Timnas Indonesia U-19 juara Piala AFF U-19 2022.

Namun, ada pula yang pro karena faktanya keberhasilan tim nasional kategori umur menjadi juara sejak 2013 lalu memang dipimpin pelatih lokal, seperti Indra Sjafri (Piala AFF U-19 2013 dan Piala AFF U-22 2019), Fakhri Husaini (Piala AFF U-16 2018), dan terakhir Bima Sakti (Piala AFF U-16 2022).

Lalu seperti apa reaksi netizen yang mengungkit kembali local pride ala Marcus Horison setelah kekalahan telak Timnas Indonesia U-17 dari Malaysia?

 
3 dari 10 halaman

Ups!

4 dari 10 halaman

Terkejut #LocalPride

5 dari 10 halaman

Pemain Tidak Salah, yang Salah Sindiran Local Pride

6 dari 10 halaman

Jangan Sombong!

7 dari 10 halaman

Dukung Pemain, Hujat Pelatih Local Pride

8 dari 10 halaman

Jangan Ada Lagi Local Pride

9 dari 10 halaman

Sentil Local Pride

10 dari 10 halaman

Buah dari Oknum Tim Pelatih yang Tinggi Hidung?

Video Populer

Foto Populer