Sukses


Trio Malaysia yang Akhiri Mimpi Garuda Asia ke Piala Asia U-17 2023: Kontribusi Nyata Lewat Gol dan Assist

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-17 dipastikan gagal melangkah ke putaran final Piala Asia U-17 2023. Kekalahan atas Malaysia dengan skor telak 1-5 membuat Arkhan Kaka dkk merosot ke peringkat kedua Grup B.

Timnas Indonesia U-17 sebetulnya memiliki peluang untuk lolos sebagai satu di antara enam runner-up terbaik. Namun, kemenangan Laos atas Kirgistan pada pertandingan di grup lain, memastikan ketersingkiran mereka lantaran kalah selisih gol.

Kegagalan ini pantas disesali dalam-dalam. Sejatinya tim berjulukan Garuda Asia hanya membutuhkan hasil imbang pada laga pamungkas Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 yang berlangsung di Stadion Pakansari, Kab. Bogor, Minggu (9/10/2022).

Namun apa lacur, Timnas Indonesia U-17 justru tampil di bawah performa terbaiknya. Ketiadaan M. Iqbal Gwijangge begitu terasa. Femas Crespo yang diplot sebagai partner Sulthan Zaky, tak sanggup mengimbangi kecepatan pemain-pemain muda Negeri Jiran.

2 dari 5 halaman

Timnas Indonesia U-17 Kalah Segalanya

Timnas Indonesia U-17 kalah segalanya di babak pertama. Malaysia begitu mudah mengeliminasi pressing tim asuhan Bima Sakti itu dan melakukan serangan balik melalui celah di ruang antarlini tuan rumah.

Indonesia yang minim melakukan rotasi makin kebingungan setelah kebobolan banyak gol dengan cepat. Kondisi fisik mereka sudah tak lagi sanggup mengejar ketertinggalan.

Walau terbantu dengan kondisi Indonesia yang compang-camping, apresiasi patut diberikan kepada penggawa Malaysia yang tampil efektif di pertandingan ini. Siapa saja pemain Malaysia yang bermain gemilang di perrtandingan ini?

3 dari 5 halaman

Anjasmirza Saharudin

Malaysia beruntung memiliki striker oportunis seperti Anjasmirza Saharudin. Walaupun tak memiliki fisik seperti Arkhan Kaka, ia selalu menjadi pembeda berkat gol-golnya di pertandingan penting.

Pemain berusia 16 tahun itu turut berkontribusi dalam kemenangan dramatis Malaysia atas Uni Emirat Arab di pertandingan sebelumnya. Dan di pertandingan malam ini, ia kembali melakukannya.

Pemain asal akademi Mokhtar Dahari itu berhasli menciptakan satu gol dan satu assist dalam kemenangan mencolok timnya atas Timnas Indonesia U-17.

4 dari 5 halaman

Zainurhakimi Zain

Kontribusi Zainurhakimi Zain sungguh luar biasa di pertandingan malam ini. Pergerakan pemain yang menempati pos sayap kiri ini begitu dinamis dan menyulitkan pertahanan Timnas Indonesia U-17.

Perlu dicatatat, ia jadi pemain yang mengawali pesta Malaysia ke gawang tuan rumah. Berlari dari belakang, ia tak terdeteksi pertahanan Indonesia untuk menuntaskan sebuah umpan silang pada menit ke-17.

Tak hanya itu, ia pun memberikan assist istimewa kepada Afiq Danish Zulkifli untuk gol keempat Malaysia. Umpan silangnya membuat terpengarah seluruh pemain belakang Indonesia.

5 dari 5 halaman

Arami Wafiy

Titel pemain terbaik dalam kemenangan Malaysia di pertandingan ini patut diberikan kepada Arami Wafiy. Walaupun hanya bermain selama satu jam, dampaknya bagi permainan ini begitu luar biasa.

Walaupun digempur habis-habisan, pemuda yang bermain di pos sayap kanan ini mampu menunjukkan kualitasnya. Dengan kecepatannya ia berkali-kali merusak rusuk pertahanan Timnas Indonesia U-17.

Tak hanya menciptakan dua gol ke gawang Andrika Fathir. Ia juga memberikan dua assist yang masing-masing dituntaskan Zainurhakimi Zain dan Anjasmirza Saharudin.

Video Populer

Foto Populer