Sukses


Skenario Cerdik Malaysia, Sengaja Simpan Kekuatan Lawan Guam untuk Taklukkan Timnas Indonesia U-17

Bola.com, Cibinong - Pelatih Malaysia, Osmera Bin Omaro, mengakui pihaknya sengaja menyimpan kekuatan saat bermain imbang 1-1 melawan Guam (5/10/2022). Skenario itu dilakukan demi mengumpulkan kekuatan saat menghadapi Timnas Indonesia U-17 pada laga pamungkas Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Malaysia memastikan tiket ke Piala Asia U-17 2023 setelah menjadi juara Grup B. Perjalanan Malaysia berbuah manis meski sempat diragukan karena bermain imbang 1-1 lawan Guam pada matchday kedua.

Malaysia awalnya meraih kemenangan 4-0 atas Palestina, lalu ditahan Guam dengan skor 1-1 pada matchday kedua. Namun, skenario itu ternyata sengaja disiapkan pelatih Osmera Bin Omaro.

Pada dua laga sisa, Malaysia berhasil meraih kemenangan yakni 3-2 atas Uni Emirat Arab dan 5-1 atas Timnas Indonesia U-17. Pelatih Osmera Bin Omaro puas skenarionya berjalan sesuai rencana.

"Yang terjadi di Kualifikasi Piala Asia U-17 ini sengaja. Kami tidak mau menunjukkan permainan sebenarnya melawan Guam. Sebab, menang atau seri tidak penting, yang penting bisa lolos," kata Osmera Bin Omaro.

2 dari 5 halaman

Terkaget-kaget

Pelatih Osmera Bin Omaro juga tak menyangka timnya bisa menang telak 5-1 atas Timnas Indonesia U-17. Osmera Bin Omaro memuji penampilan pemain Malaysia yang tampil mengesankan melawan Timnas Indonesia U-17.

"Soal pertandingan, kami sudah lama menunggu saat ini. Saya melihat Indonesia adalah tim yang bagus. Mungkin ini hanya nasib yang kurang baik," kata Osmera Bin Omaro.

"Akan tetapi, saya harus memuji pemain yang hari ini sangat baik mengikuti arahan. Saya bilang ini adalah permainan terbaik mereka sejauh ini," tegas Osmera Bin Omaro.

3 dari 5 halaman

Kena Perangkap

Osmera Bin Omaro kemudian buka suara mengenai penampilan atraktif Malaysia pada babak pertama. Menurut Osmera, Timnas U-17 terkena perangkap yang sudah disiapkan Malaysia.

"Ada beberapa hal yang kami buat. Mungkin saja Timnas Indonesia terperangkap ke dalam," ucap Osmera Bin Omaro.

"Saya sudah lama memantau permainan Timnas Indonesia. Kami mencari cara bagaimana bisa masuk mencari celah dan hari ini kami bisa masuk," tegas Osmera Bin Omaro.

4 dari 5 halaman

Tak Lolos

Timnas Indonesia U-17 dipastikan gagal lolos ke Piala Asia U-17 2023. Pasukan Bima Sakti itu finis di urutan kedua klasemen akhir Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Dalam perebutan jatah melalui jalur runner-up terbaik, Timnas Indonesia saat ini ada di urutan ketujuh. Adapun tim yang lolos hanya enam yang bakal ke putaran final Piala Asia U-17 2023.

Timnas U-17 mengoleksi tiga poin hasil sekali menang dan sekali kalah. Penyebabnya karena dua laga melawan tim terbawah di Grup B yakni Palestina dan Guam tidak dihitung.

5 dari 5 halaman

Daftar Tim yang Lolos ke Piala Asia U-17 2023

  1. Jepang
  2. Malaysia
  3. Qatar
  4. Arab Saudi
  5. Yaman
  6. Vietnam
  7. Australia
  8. Tajikistan
  9. Iran
  10. Uzbekistan
  11. Korea Selatan
  12. China
  13. Afghanistan
  14. India
  15. Thailand
  16. Laos

Video Populer

Foto Populer