Sukses


Pasca-Tragedi Kanjuruhan, Menpora Pastikan Persiapan Piala Dunia U-20 2023 Tetap Berjalan

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, memastikan persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 terus berjalan, meski sepak bola Tanah Air tengah dirundung duka akibat Tragedi Kanjuruhan. 

Insiden yang terjadi di Stadion Kanjuruhan dan mengakibatkan 131 orang meninggal dunia, sempat menimbulkan kekhawatiran terkait rencana Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Namun, Zainudin Amali memastikan persiapan jalan terus sembari pihaknya fokus penyelesaian Tragedi Kanjuruhan.

"Masih, tidak ada gangguan. InsyaAllah persiapan tetap berjalan. Saya sudah sampaikan berkali-kali, kita ini siap dari 2021," kata Zainudin Amali kepada wartawan di Jakarta.

"Akan tetapi, karena pandemi kemudian ditunda sampai 2023. Kalaupun ada perbaikan-perbaikan, akan tetapi sekali lagi konsentrasi kami, pemerintah, adalah menyelesaikan Tragedi Kanjuruhan. Penanganan korban itu yang paling penting," tegas Zainudin Amali.

Dengan demikian, penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 tak mengalami perubahan. Turnamen tersebut tetap akan digelar pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023.

2 dari 5 halaman

Terus Berbenah

Sementara itu, Ketua Pelaksana Piala Dunia U-20 2023, Maaike Ira Puspita, memastikan pihaknya dan Pemerintah Indonesia terus berbenah untuk menyelenggarakan Piala Dunia U-20 2023.

Sejumlah catatan dari kunjungan FIFA yang lalu sudah diterima terkait pembenahan sejumlah stadion yang masih kurang layak.

"Kami sedang menyusun dokumen supaya perbaikan itu bisa dilakukan sampai nanti untuk Piala Dunia," ujar Maaike Ira Puspita.

"Kalau konstruksi atau infrastruktur, orang Indonesia paling jago. Hari ini bikin, besoknya sudah jadi karena kita punya SDM-nya," tegas wanita yang juga menjabat Wasekjen PSSI itu.

3 dari 5 halaman

TC di Luar Negeri

Timnas Indonesia U-20 akan menggelar pemusatan latihan di luar negeri sebagai persiapan Piala Dunia U-20 2023. Dua negara Eropa yakni Turki dan Spanyol dipilih sebagai destinasi pemusatan latihan.

"Pelaksanaan pemusatan latihan jangka panjang persiapan Piala Dunia U-20 bersama Timnas Indonesia U-20 di Spanyol dan Turki," kata asisten pelatih Nova Arianto.

Pelatih Shin Tae-yong memanggil 36 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan tersebut. Para pemain saat ini masih berlatih di Jakarta sembari menunggu visa rampung.

4 dari 5 halaman

Agendakan Uji Coba

Timnas Indonesia U-20 tak hanya sekadar melakukan pemusatan latihan saja selama di Turki dan Spanyol nanti. Pasukan Shin Tae-yong tersebut juga direncanakan bakal melakoni sejumlah laga uji coba.

Pertandingan tersebut adalah melawan klub-klub lokal. Namun, PSSI belum mengumumkan lawan dan jadwal laga uji coba yang akan dilakoni Timnas U-20.

"Timnas Indonesia U-20 akan uji coba dengan klub lokal. Sudah ada lawan-lawanya. Akan tetapi belum bisa kami umumkan. Harus kami pastikan dulu, biar tidak dikira bohong sama netizen," ucap Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

5 dari 5 halaman

Daftar Tim yang Sudah Lolos ke Piala Dunia U-20 2023

  1. Indonesia (Tuan rumah)
  2. Republik Dominika
  3. Guatemala
  4. Honduras
  5. Amerika Serikat
  6. Kepulauan Fiji
  7. Selandia Baru
  8. Inggris
  9. Prancis
  10. Israel
  11. Italia
  12. Slovakia

Video Populer

Foto Populer