Sukses


Reaksi Nova Arianto soal Peluang Gantikan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2023

Bola.com, Jakarta - PSSI masih mencari pelatih Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023 untuk menggantikan Shin Tae-yong. Nama Nova Arianto muncul ke permukaan.

Nova Arianto adalah asisten Shin Tae-yong di timnas senior, Timnas Indonesia U-23, dan timnas U-20.

Shin Tae-yong tidak dapat memoles Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023 karena jadwalnya berdekatan dengan Piala Dunia U-20 2023.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut diprioritaskan untuk melatih Timnas U-20 di Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei-11 Juni 2023 di Indonesia, alih-alih mengasuh Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023 pada 5-16 Mei tahun depan di Kamboja.

2 dari 5 halaman

Reaksi Nova Arianto

Nova Arianto belum mau berbicara banyak terkait peluang menjadi pelatih Timnas Indonesia U-23. Sebab, lelaki berkepala plontos itu masih berkonsentrasi menemani Shin Tae-yong di timnas U-20.

Timnas Indonesia U-20 sedang bersiap untuk menggelar pemusatan latihan di Turki dan Spanyol hingga akhir tahun ini.

"Sekali lagi, saya belum memikirkan ke sana. Karena masih fokus membantu coach Shin Tae-yong untuk persiapan Timnas Indonesia U-20," ujar Nova Arianto.

3 dari 5 halaman

Bima Sakti Enggan

Sementara itu, pelatih timnas U-17, Bima Sakti mengisyaratkan keengganan untuk menggantikan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2023.

Arsitek timnas senior di Piala AFF 2018 itu justru menyarankan Nova Arianto karena lebih memahami dan dekat dengan Shin Tae-yong.

"Untuk pelatih SEA Games, saya pikir banyak pelatih lain yang lebih kompeten dan siap. Kami semua serahkan ke PSSI. Siapa pun pelatihnya, saya dukung," ujar Bima Sakti.

"Kalau saya, mending pelatih lain karena materi pemainnya dari coach Shin Tae-yong," katanya.

4 dari 5 halaman

Nama Lainnya

Selain Nova Arianto, Shin Tae-yong mempunyai tangan kanan lainnya dalam mengomandoi timnas senior, Timnas Indonesia U-23, dan timnas U-20. Dia adalah Choi In-Cheul.

Namun, Shin Tae-yong baru saja ditinggalkan asistennya yang lain, Dzenan Radoncic yang mundur karena memilih mendampingi ibunya yang sakti.

"Mungkin bisa coach Nova Arianto atau pelatih lain yang tetap berkoordinasi dengan coach Shin Tae-yong," jelas Bima Sakti.

5 dari 5 halaman

Awet di Timnas Indonesia

Nova Arianto telah menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia U-23 sejak 2019 dan timnas senior serta timnas U-20 pada 2020.

Dia menjadi satu-satunya asisten pelatih lokal yang masih bertahan di era Shin Tae-yong yang dimulai pada awal 2020.

Video Populer

Foto Populer