Sukses


Barnabas Sobor, Pemain Muda Persija yang Kembali Dipercaya Shin Tae-yong Gabung Timnas Indonesia U-20

Bola.com, Jakarta - Dari 34 pemain muda yang dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 di Eropa, ada satu nama asal Papua yang musim ini tercatat sebagai pemain Persija Jakarta, yaitu Barnabas Sobor. Pemain kelahiran Jayapura ini dikenal cukup kuat mengawal area kiri pertahanan tim asuhannya.

Barnabas Sobor tercatat diboyong oleh Persija Jakarta dari Persewangi Banyuwangi dengan status bebas transfer. Namum, karena skuad yang cukup gemuk, Macan Kemayoran pun memilih meminjamkan pemain yang satu ini, yaitu PSPS Riau yang mengincar tiket promosi.

"Dia pemain yang sangat muda dan datang dari Liga 3. Dia pemain yang fantastis dan setiap latihan memiliki motivasi yang tinggi," ujar pelatih Persija, Thomas Doll, pada Juli lalu.

"Namun, terpenting baginya adalah mendapatkan menit bermain. Kondisi tim sekarang sudah memiliki banyak pemain belakang. Itulah mengapa kami memutuskan untuk meminjamkan Barnabas Sobor ke klub yang memungkinkan dirinya untuk bermain," lanjutnya.

Keputusan Persija Jakarta meminjamkan Barnabas Sobor pun sepertinya menjadi jalan yang tepat. Sang pemain mendapatkan kepercayaan dari pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong.

2 dari 5 halaman

Bersyukur

Ketika Timnas Indonesia U-20 hendak mengarungi kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang digelar pada 14-18 September lalu, Barnabas Sobor jadi pemain yang juga mendapatkan kesempatan dari Shin Tae-yong untuk bisa mengikuti pemusatan latihan.

"Saya tidak canggung karena sudah terbiasa. Dari awal seleksi, saya dan teman-teman lain merasa sudah dapat chemistry," ujar Barnabas Sobor belum lama ini.

"Saya bersyukur kepada Tuhan kalau saya bisa dipercaya oleh Coach Shin Tae-yong. Saya siap memperlihatkan yang terbaik untuk tim nasional," lanjutnya.

 
3 dari 5 halaman

Sempat Bantu Timnas Indonesia Bungkam Hong Kong

Barnabas Sobor adalah pemain yang biasa beroperasi di posisi bek kiri. Menariknya, ketika menjalani pemusatan latian bersama Timnas Indonesia U-20 sebelum tampil di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, ia menjadi satu-satunya bek kiri yang mendapatkan panggilan 23 pemain oleh Shin Tae-yong.

Namun, dari tiga pertandingan yang dijalani Timnas Indonesia U-20 di turnamen kualifikasi yang berlangsung di Gelora Bung Tomo, Surabaya, itu, pemain kelahiran Jayapura ini mendapatkan satu kesempatan tampil dari Shin Tae-yong, yaitu ketika menghadapi Hong Kong pada laga kedua.

Dalam laga yang berakhir dengan kemenangan 5-1 untuk keunggulan Timnas Indonesia U-20 itu, Barnabas Sobor mendapatkan kesempatan bermain sejak menit awal pertandingan. Namun, Shin Tae-yong kemudian menariknya keluar pada menit ke-62 setelah enam menit sebelumnya mendapatkan kartu kuning.

4 dari 5 halaman

Bakal Ikut TC ke Eropa

Pada Senin (11/10/2022), PSSI merilis 34 pemain muda yang akan dibawa Shin Tae-yong menjalani pemusatan latihan di Eropa.

Turki dan Spanyol jadi arena Tim Garuda Nusantara untuk mengasah kemampuan dan menjalani laga uji coba yang penting untuk mempersiapkan diri tampil di putaran final Piala Asia U-20 tahun depan.

Dari 34 pemain yang dipanggil oleh Shin Tae-yong mengikuti pemusatan latihan di Eropa tersebut, Barnabas Sobor kembali mendapat panggilan.

Ia akan kembali berlatih bersama para pemain terbaik di generasinya, seperti Alfriyanto Nico, Arkhan Fikri, Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh, dan masih banyak pemain lain.

5 dari 5 halaman

34 Pemain Timnas Indonesia U-20 yang Dibawa Shin Tae-yong ke Eropa

 1. Achmad Maulana

2. Aditya Arya

3. Ahmad Rusadi

4. Alfriyanto Nico

5. Arkhan Fikri

6. Arsa Ramadan

7. Aulia Ramadhan

8. Barnabas Sobor

9. Cahya Supriadi

10. Daffa Fasya

11. Dimas Juliono

12. Dony Tri

13. Erlangga Setyo

14. Ferdiansyah

15. Frengky Missa

16. Frezy Al

17. Ginanjar Wahyu

18. Hokky Caraka

19. Muhamad Rayhan

20. Kadek Arel

21. Kakang Rudianto

22. Mohammad Akrom

23. Mochamad Widi

24. Marcell Januar

25. Marselino Ferdinan

26. Muhammad Dzaky

27. Muhammad Ferarri

28. Rabbani Tasnim

29. Rahmat Beri

30. Ricky Pratama

31. Robi Darwis

32. Ronaldo Kwateh

33. Fachrezi Aziz

34. Zanadin Fariz

Video Populer

Foto Populer