Sukses


Bantu Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023, Shin Tae-yong Dianggap Pahlawan oleh Hokky Caraka

Bola.com, Jakarta - Penyerang Timnas Indonesia U-20, Hokky Caraka, secara terang-terangan melayangkan pujian terhadap pelatih Shin Tae-yong. Tak tanggung-tanggung, Hokky menyebut Shin Tae-yong sebagai pahlawan.

Pujian itu diungkapkan Hokky Caraka karena terkesan dengan kinerja pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Hokky menilai, pria asal Korea Selatan itu adalah pelatih hebat karena mampu meloloskan Timnas senior dan U-20 ke Piala Asia.

Pencapaian itu dilakukan Shin Tae-yong dalam waktu yang relatif singkat. Hokky Caraka optimistis penampilan Timnas Indonesia semakin bagus bersama STY.

"Shin Tae-yong itu pahlawan, pahlawan perang. Ya kan belum ada dua tahun, akan tetapi bisa meloloskan tim ke Piala Asia di dua kelompok umur. Bagaimana kalau sudah 5 hingga 10 tahun pegang Indonesia? Semoga bisa ikut Piala Dunia," kata Hokky Caraka.

2 dari 5 halaman

Ancam Mundur

Shin Tae-yong membuat kejutan pekan ini setelah mengonfirmasi siap mundur bila Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, juga menanggalkan jabatannya. Shin Tae-yong berdalih sebagai bagian dari PSSI, dirinya juga harus mundur bila Iriawan mundur.

"Menurut saya, jika Ketua PSSI harus bertanggung jawab atas semua yang terjadi dan mengundurkan diri, maka saya pun harus mengundurkan diri," tulis Shin Tae-yong di akun Instagram-nya.

Pernyataan itu lantas memicu kontroversi dari mayoritas suporter Timnas Indonesia. Banyak masyarakat yang kecewa dengan pernyataan Shin Tae-yong tersebut.

3 dari 5 halaman

Respons Jokowi

Ancaman mundur dari Shin Tae-yong sudah terdengar ke telinga Presiden Joko Widodo. Meski demikian, Presiden Jokowi menegaskan tidak ingin berkomentar lebih jauh.

Presiden tak ingin Tragedi Kanjuruhan melebar kemana-mana. Jokowi menegaskan hanya fokus pada laporan dari hasil investigasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan.

"Laporan dari TGIPF belum. Jadi, belum sampai ke mana-mana. Jangan sampai ke mana-mana dulu, laporannya saja belum," tegas Jokowi di sela-sela kunjungan kerja di Bandung.

4 dari 5 halaman

TC ke Eropa

Shin Tae-yong kini sedang fokus bersama Timnas Indonesia U-20. Dalam waktu dekat, skuad U-20 akan menggelar pemusatan latihan di Eropa yakni Turki dan Spanyol.

Pemusatan latihan itu dilakukan untuk persiapan Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 2023. Sebanyak 34 pemain dipanggil untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Timnas Indonesia U-20 saat ini masih menggelar pemusatan latihan di Jakarta. Kegiatan ini dilakukan sembari menunggu visa.

5 dari 5 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia U-20 untuk TC di Eropa

1. Achmad Maulana

2. Aditya Arya

3. Ahmad Rusadi

4. Alfriyanto Nico

5. Arkhan Fikri

6. Arsa Ramadan

7. Aulia Ramadhan

8. Barnabas Sobor

9. Cahya Supriadi

10. Daffa Fasya

11. Dimas Juliono

12. Dony Tri

13. Erlangga Setyo

14. Ferdiansyah

15. Frengky Missa

16. Frezy Al

17. Ginanjar Wahyu

18. Hokky Caraka

19. Muhamad Rayhan

20. Kadek Arel

21. Kakang Rudianto

22. Mohammad Akrom

23. Mochamad Widi

24. Marcell Januar

25. Marselino Ferdinan

26. Muhammad Dzaky

27. Muhammad Ferarri

28. Rabbani Tasnim

29. Rahmat Beri

30. Ricky Pratama

31. Robi Darwis

32. Ronaldo Kwateh

33. Fachrezi Aziz

34. Zanadin Fariz

Video Populer

Foto Populer