Sukses


Menpora Pastikan Stadion Gelora Bung Tomo Tetap Jadi Venue Piala Dunia U-20 2023

Bola.com, Surabaya - Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, memastikan Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, tetap menjadi venue Piala Dunia U-20 2023.

Kepastian itu diungkapkan Zainudin Amali ketika melakukan kunjungan ke Stadion Gelora Bung Tomo. Dalam kunjungannya, Zainudin Amali didampingi langsung oleh Walikota Surabaya, Eri Cahyadi.

Dalam inspeksi tersebut, Zainudin Amali melakukan pengecekan terhadap kondisi rumput lapangan. Kunjungan kemudian dilanjutkan dengan meninjau seluruh ruang dan fasilitas pendukung stadion.

"Inilah pekerjaan inspeksi dengan tujuan untuk memastikan. Kenapa saya datang ke sini karena sempat beberapa waktu yang lalu berkembang GBT tidak jadi digunakan," kata Zainudin Amali.

"Nah, kedatangan saya ke sini memastikan FIFA masih tetap mencantumkan GBT sebagai salah satu dari enam stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 2023," tegas Zainudin Amali.

Piala Dunia U-20 2023 rencananya digelar pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023. Turnamen ini akan diikuti 24 tim dari enam konfederasi.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Layak Jadi Venue

Zainudin Amali menegaskan, Stadion Gelora Bung Tomo layak menggelar Piala Dunia U-20 2023. Itu sudah dibuktikan dengan sejumlah kunjungan dan perbaikan yang dilakukan di stadion berkapasitas 45 ribu penonton itu.

"Maka sekarang saya harus datang memastikan satu per satu stadion kota tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023. Apa yang saya saksikan sekarang di GBT tentu berbeda dengan apa yang pernah saya saksikan sebelum-sebelumnya," ucap Zainudin Amali.

"Kita melihat dan beberapa kali ke GBT Surabaya Jawa Timur memang layak dalam daftar venue yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 tersebut," tegas Zainudin Amali.

3 dari 5 halaman

Rumput Jadi Perhatian

Setelah meninjau seluruh bagian Stadion Gelora Bung Tomo, Zainudin Amali memberikan sejumlah catatan terkait kesiapan Piala Dunia U-20 2023. Zainudin Amali menyebut, tak ada kendala besar dan hanya ada catatan minor yang perlu diperbaiki semisal rumput lapangan.

"Saya sudah keliling sebagaimana gambaran dari awal masuk bus, pemain masuk ke kamar ganti, selanjutnya ke beberapa tempat," ucap Zainudin Amali.

"Memang ada catatan seperti rumput dan berbagai catatan lainnya tetapi itu minor. Tidak menjadi catatan major yang membuat kita khawatir," jelas Zainudin Amali.

4 dari 5 halaman

Ditutup Sampai Turnamen

Demi memaksimalkan persiapan untuk Piala Dunia U-20 2023, Zainudin Amali memastikan Stadion Gelora Bung Tomo tak boleh digunakan dulu. Dengan demikian, Persebaya Surabaya sebagai pengguna rutin stadion tersebut harus terusir sementara.

"Jadi begini, stadion ini dipersiapkan 2021, akan tapi FIFA mengundur tahun 2023. Makanya ada kebijakan boleh digunakan dan pasti rumput perlu perbaikan dan perawatan kembali. Saya sebagai penanggung jawab penyelenggaraan sudah berkirim surat kepada FIFA renovasi akan dimulai Insyaallah akhir Oktober ini," jelas Zainudin Amali.

"Berarti setelah diadakan renovasi lagi, maka tidak boleh untuk kegiatan lain sampai nanti penyelenggaraan Piala Dunia U-20 berakhir," tegas Zainudin Amali.

5 dari 5 halaman

Daftar Tim yang Sudah Lolos

  1. Indonesia (Tuan rumah)
  2. Republik Dominika
  3. Guatemala
  4. Honduras
  5. Amerika Serikat
  6. Kepulauan Fiji
  7. Selandia Baru
  8. Inggris
  9. Prancis
  10. Israel
  11. Italia
  12. Slovakia
Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer