Sukses


Hokky Caraka Simpan Impian Berkarier di Eropa demi Membawa Timnas Indonesia ke Piala Dunia

Bola.com, Jakarta - Penyerang Timnas Indonesia U-20, Hokky Caraka, memiliki impian untuk berkarier di Eropa demi bisa tampil di Piala Dunia pada masa depan.

Hokky Caraka bahkan spesifik sudah memiliki negara yang menjadi target kariernya. Pemain berusia 18 tahun itu mengaku ingin memperkuat klub Belanda.

"Kalau dua sampai 10 tahun ke depan inginnya cari klub Eropa biar bisa makin percaya diri main bolanya. Biar teknik bagus, visi misi ada, bisa membawa Indonesia ke Piala Dunia," kata Hokky Caraka.

"Yang penting Eropa. Pasti sepak bola memang berbeda dari Asia Tenggara. Kalau boleh memilih Eropa di Belanda," tegas Hokky Caraka.

Nama Hokky Caraka melejit setelah menjadi andalan di Timnas Indonesia U-20. Sejak debut pada 2022, Hokky tercatat sudah mengemas tujuh gol dari 10 laga yang dimainkannya.

2 dari 5 halaman

Pilih Bersabar

Hokky Caraka sejauh ini memilih bersabar untuk mendapatkan banyak kesempatan bermain di PSS Sleman. Mulai menembus skuad inti PSS pada 2021, Hokky baru mencatatkan lima laga di Liga 1.

"Kalau sepak bola masih cari jam bermain di sini. Kalau masih belum dikasih jam main ya tunggu sampai ada kesempatan sampai dipercaya setiap pertandingan," ucap Hokky Caraka.

"Itu target untuk satu tahun ke depan," tegas Hokky Caraka.

3 dari 5 halaman

Sebut Shin Tae-yong Pahlawan

Hokky Caraka sebelumnya secara terang-terangan melayangkan pujian kepada pelatih Shin Tae-yong. Tak tanggung-tanggung, Hokky menyebut Shin Tae-yong sebagai pahlawan.

Pujian itu diungkapkan Hokky karena terkesan dengan kinerja pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Hokky menilai, pria asal Korea Selatan itu adalah pelatih hebat karena mampu meloloskan Timnas senior dan U-20 ke Piala Asia.

"Shin Tae-yong itu pahlawan, pahlawan perang. Ya kan belum ada dua tahun, akan tetapi bisa meloloskan tim ke Piala Asia di dua kelompok umur. Bagaimana kalau sudah 5 hingga 10 tahun pegang Indonesia? Semoga bisa ikut Piala Dunia," ucap Hokky Caraka.

4 dari 5 halaman

TC di Eropa

Timnas Indonesia U-20 berkekuatan 34 pemain selama pemusatan latihan di Eropa. Skuat dihuni mayoritas pemain yang pernah bermain di Piala AFF U-19 dan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Pelatih Shin Tae-yong berharap, pemain bisa menunjukkan kemampuan terbaik selama pemusatan latihan. Dengan begitu, kualitas para pemain bakal meningkat.

"Skuad U-20 Indonesia kami programkan untuk menjalani pemusatan latihan di Turki dan Spanyol. Pemain harus bekerja keras, disiplin, fokus dan meningkatkan kemampuannya," tegas Shin Tae-yong.

5 dari 5 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia U-20 untuk TC di Eropa

1. Achmad Maulana

2. Aditya Arya

3. Ahmad Rusadi

4. Alfriyanto Nico

5. Arkhan Fikri

6. Arsa Ramadan

7. Aulia Ramadhan

8. Barnabas Sobor

9. Cahya Supriadi

10. Daffa Fasya

11. Dimas Juliono

12. Dony Tri

13. Erlangga Setyo

14. Ferdiansyah

15. Frengky Missa

16. Frezy Al

17. Ginanjar Wahyu

18. Hokky Caraka

19. Muhamad Rayhan

20. Kadek Arel

21. Kakang Rudianto

22. Mohammad Akrom

23. Mochamad Widi

24. Marcell Januar

25. Marselino Ferdinan

26. Muhammad Dzaky

27. Muhammad Ferarri

28. Rabbani Tasnim

29. Rahmat Beri

30. Ricky Pratama

31. Robi Darwis

32. Ronaldo Kwateh

33. Fachrezi Aziz

34. Zanadin Fariz

Video Populer

Foto Populer