Sukses


Melalui Piala Dunia U-20 2023, Indonesia Ingin Dikenang sebagai Bangsa yang Baik dan Ramah

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, berharap penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 bisa berlangsung aman dan lancar agar Indonesia mendapat kenangan baik dari internasional.

Indonesia akan menggelar Piala Dunia U-20 2023 pada Mei-Juni tahun depan. Turnamen itu awalnya akan digelar pada 2021, namun ditunda karena pandemi COVID-19.

Zainudin Amali memastikan, persiapan Indonesia sudah mantap untuk menggelar Piala Dunia U-20 2023. Demi memaksimalkan status tuan rumah, proses renovasi stadion kembali dilakukan untuk meminimalisir kekurangan yang masih ada.

"Jadi kalau ditanya kesiapan, ini sebenarnya sejak 2021 sudah siap, karena pandemi ditunda. Kita izinkan stadion-stadion atau venue yang sudah disiapkan di enam kota itu untuk digunakan siapa saja yang akan menggunakan itu," kata Zainudin.

"Akan tetapi, sekarang sudah menjelang waktunya maka kita akan renovasi lagi bila masih ada yang kurang. Jadi tidak ada masalah sebenarnya," lanjutnya.

2 dari 5 halaman

Wajib Dimaksimalkan

Zainudin Amali juga menegaskan, Indonesia wajib memaksimalkan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023. Menurutnya, kesempatan ini sangat langka dan sukar terulang dalam waktu dekat.

"Kita harus manfaatkan betul kesempatan ini. Kita akan menerima peserta dari 23 negara lainnya, karena peserta ke-24 itu Indonesia," ucap Zainudin Amali.

"Maka kita harus tunjukkan kita adalah satu bangsa yang ramah, bersahabat, kemudian kita adalah masyarakat yang suka bola tetapi benar-benar penuh sportivitas. Kita ingin dikenang sebagai bangsa yang baik, bangsa yang ramah, dan lain sebagainya," tegas Zainudin Amali.

3 dari 5 halaman

Layak Jadi Venue

Sebelumnya dalam kunjungan ke Surabaya, Jawa Timur, Zainudin Amali menegaskan, Stadion Gelora Bung Tomo layak menggelar Piala Dunia U-20 2023.

Itu sudah dibuktikan dengan sejumlah kunjungan dan perbaikan yang dilakukan di stadion berkapasitas 45 ribu penonton itu.

"Maka sekarang saya harus datang memastikan satu per satu stadion kota tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023. Apa yang saya saksikan sekarang di GBT tentu berbeda dengan apa yang pernah saya saksikan sebelum-sebelumnya," ucap Zainudin Amali.

"Kita melihat dan beberapa kali ke GBT Surabaya Jawa Timur memang layak dalam daftar venue yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 tersebut," tegas Zainudin Amali.

4 dari 5 halaman

Rumput Jadi Perhatian

Setelah meninjau seluruh bagian Stadion Gelora Bung Tomo, Zainudin Amali memberikan sejumlah catatan terkait kesiapan Piala Dunia U-20 2023. Zainudin Amali menyebut, tak ada kendala besar dan hanya ada catatan minor yang perlu diperbaiki semisal rumput lapangan.

"Saya sudah keliling sebagaimana gambaran dari awal masuk bus, pemain masuk ke kamar ganti, selanjutnya ke beberapa tempat," ucap Zainudin Amali.

"Memang ada catatan seperti rumput dan berbagai catatan lainnya tetapi itu minor. Tidak menjadi catatan major yang membuat kita khawatir," jelas Zainudin Amali.

5 dari 5 halaman

Daftar Tim yang Sudah Lolos ke Piala Dunia U-20 2023

  1. Indonesia (Tuan rumah)
  2. Republik Dominika
  3. Guatemala
  4. Honduras
  5. Amerika Serikat
  6. Kepulauan Fiji
  7. Selandia Baru
  8. Inggris
  9. Prancis
  10. Israel
  11. Italia
  12. Slovakia

Video Populer

Foto Populer