Sukses


Tak Perpanjangan Kontrak di Timnas Vietnam, Park Hang-seo: Perpisahan yang Indah

Bola.com, Hanoi - Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, buka suara setelah menolak perpanjang kontrak yang diajukan Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF). Menurut Park Hang-seo, ini merupakan waktu yang tepat untuk berpisah.

Park Hang-seo membuat kejutan dengan enggan menambah durasi kerja di Timnas Vietnam, Senin (17/10/2022). Pelatih berusia 65 tahun itu ternyata sudah memikirkan dengan matang rencana tersebut ketika pulang kampung ke Korea Selatan dua pekan lalu.

Park Hang-seo tentu tak ingin gegabah dalam mengambil keputusan. Setelah berdiskusi dengan keluarga dan kolega, keputusan untuk menyudahi karier di Timnas Vietnam menjadi yang terbaik baginya.

"Saya berdiskusi dengan keluarga tentang apakah akan memperpanjang kontrak. Kemudian saya membuat keputusan setelah mendiskusikan secara mendalam perjalanan sepak bola Vietnam dengan kenalan saya," kata Park Hang-seo seperti dikutip Chosun.

2 dari 5 halaman

Perpisahan Indah

Park Hang-seo menyebut, keputusan meninggalkan Timnas Vietnam sudah tepat. Park juga menyebut kariernya di Vietnam merupakan pengalaman berharga dalam hidup.

"Perpisahan yang indah adalah kata yang paling tepat. Apalagi yang bisa saya katakan? Lima tahun yang saya habiskan bersama Timnas Vietnam adalah momen yang sangat berharga bagi saya," ucap Park Hang-seo.

"Saya telah menjalani kehidupan sepak bola di Vietnam tanpa penyesalan. Saya menuangkan hasrat ke Vietnam dan penerus saya nanti akan melakukannya dengan baik," tegasnya.

3 dari 5 halaman

Edisi Terakhir

Piala AFF 2022 akan menjadi penampilan terakhir Park Hang-seo bersama Timnas Vietnam. Seperti diketahui, kontrak Park Hang-seo bersama Timnas Vietnam akan berakhir pada 31 Januai 2023.

Park tentu menginginkan jejak karier yang manis dalam perpisahannya dengan Timnas Vietnam. Menjuarai Piala AFF 2022 tentu akan membuat Park Hang-seo hengkang dengan bahagia.

"Sekali lagi, terima kasih kepada tim, staf, dan orang Vietnam," tegas Park Hang-seo.

4 dari 5 halaman

Rapor Park Hang-seo

Park Hang-seo selama ini telah menukangi Timnas Vietnam senior dan U-23. Dalam 44 laga bersama tim senior, Park Hang-seo berhasil meraih 21 kemenangan, sembilan imbang, dan menelan 14 kekalahan.

Pencapaian terbaiknya adalah saat membantu Vietnam menjuarai Piala AFF 2018. Sementara itu, karier Park Hang-seo di Timnas U-23 juga tak kalah mengilap.

Dalam 28 laga, Timnas Indonesia U-23 asuhan Park Hang-seo meraih 17 kemenangan, enam hasil imbang, dan menelan lima kekalahan. Park Hang-seo sukses mempersembahkan dua keping medali emas SEA Games pada 2019 dan 2021.

5 dari 5 halaman

Dikaitkan dengan Shin Tae-yong

Kepergian Park Hang-seo nanti langsung menimbulkan spekulasi di Vietnam. Nama pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, ikut terseret kabar kepergian Park Hang-seo.

Media Vietnam menyebut, Shin Tae-yong sebagai kandidat yang layak melanjutkan tugas Park Hang-seo. Namun, tentu saja rumor tersebut terlalu dini untuk menjadi kenyataan.

Shin Tae-yong terikat kontrak dengan PSSI sampai Desember 2023. Kemudian PSSI juga memiliki rencana untuk memperpanjang kontrak pelatih asal Korsel itu dalam waktu dekat.

Video Populer

Foto Populer