Sukses


Kekuatan Asia Tenggara di Piala Asia 2023: Siapa Paling Berpeluang Jadi Kuda Hitam?

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia dipastikan berada di pot empat dalam pengundian babak grup Piala Asia 2023. Kepastian tersebut didapatkan setelah Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) memutuskan Qatar sebagai tuan rumah perhelatan tersebut.

Penentuan pot berdasarkan pencapaian dan ranking FIFA setiap negara yagn lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Timnas Indonesia diketahui memiliki ranking FIFA paling rendah dari 24 negara yang berhasil lolos. ke putaran final.

Pot 1 dan 2 diisi oleh tim tuan rumah beserta negara-negara yang mampu menembus putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022. Sementara pot ketiga dan keempat diambil dari juara grup dan runner-up terbaik pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Asia Tenggara memiliki cukup banyak wakul dalam edisi kali ini. Selain Timnas Indonesia, ada Vietnam, Thailand, dan juga Malaysia yang akan ambil bagian dalam turnamen yag berlangsung mulai 16 Juni hingga 16 Juli 2023.

Lantas dari keempat negara Asia Tenggara ini, siapa yang paling berpeluang memberikan kejutan? Namun, sebelum itu, mari kita simak penentuan kelolosan tim-tim Asia Tenggara ke 16 besar Piala Asia 2023.

2 dari 6 halaman

Peluang Besar Tampil di Babak Grup

 

Negara-negara Asia Tenggara berpeluang besar tampil di babak 16 besar. Satu-satunya syarat yang harus mereka lakukan adalah memastikan merebut satu kemenangan di babak grup yang mereka jalani.

Selain dua tim teratas yang bakal lolos langsung ke babak selanjutnya. Piala Asia juga memberikan kesempatan bagi empat tim dari enam grup yang ada untuk lolos sebagai peringkat ketiga terbaik.

Penambahan kuota dari 16 menjadi 24 sejak edisi sebelumnya memberikan kesempatan bagi negara-negara 'kedua' di Asia untuk bisa lolos ke babak gugur dan menghadapi langganan Piala Dunia seperti Jepang, Korea Selatan hingga Australia.

 

3 dari 6 halaman

Vietnam Penasaran

Vietnam mungkin jadi yang paling penasaran di antara negara Asia Tenggara lainnya. Bagaimana tidak, mereka mampu menembus babak perempat final dalam edisi sebelumnya sebelum takluk 1-0 dari Jepang.

Dengan skuad yang tak banyak berubah, Vietnam diprediksi bakal jadi salah satu kuda hitam turnamen. Pemain macam Nguyen Cong Phuong dan Nguyen Quang Hai akan jadi andalan dengan mereka tengah memasuki masa keemasan.

Melewati babak grup sepertinya bakal cukup mudah bagi mereka. Tetapi yang jadi pertanyaan adalah seberapa jauh mereka bisa melangkah pada perhelatan kali ini.

 

4 dari 6 halaman

Thailand Andalkan Wajah Lama

Sebelum Vietnam menggebrak pentas Asia bersama pelatih Park Hang-seo, Thailand bisa dikatakan sebagai jagoan Asia Tenggara. Mereka beberapa kali mampu mengejutkan dengan menembus putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia.

Muka-muka lama seperti Kawin Thamsatchanan, Sarach Yooyen hingga Teerasil Dangda, masih memiliki tempat di tim Gajah Perang. Mereka berpadu dengan sempurna bersama pemain muda seperti Supachok Sarachat hingga Suphanat Muenta.

Lolos ke babak gugur untuk pertama kalinya setelah 1972 pada edisi sebelumnya, tentu makin menebalkan motivasi tim asuhan Alexandre Polking. Undian babak grup bakal sangat krusial mengintip peluang mereka berbicara banyak di edisi kali ini.

 

5 dari 6 halaman

Sentuhan Baru Malaysia

Malaysia bisa dikatakan yang paling 'cupu' di antara negara Asia Tenggara lainnya di perhelatan Piala Asia. Mereka jadi yang paling sedikit melangkah ke putaran final (empat kali) dan prestasi terbaik mereka hanya sampai di babak grup.

Namun, kehadiran Kim Pan-gon seolah mengubah peruntungan Negeri Jiran. Dalam sembilan pertandingan, ia sukses membukukan enam kemenangan termasuk dua kemenangan krusial di putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Mengincar status satu dari empat peringkat ketiga terbaik, merupakan keputusan paling bijak. Namun, menilik lawan yang dihadapi, Akhyar Rasyid bisa melaju jauh jika lawan kepayahan menghadapi serangan balik mereka.

6 dari 6 halaman

Indonesia Dobrak Sejarah

Timnas Indonesia tengah menjadi hype di kalangan pecinta publik sepak bola Tanah Air. Keberhasilan mereka lolos ke putaran final Piala Asia 2023 disambut gegap gempita.

Mengandalkan skema tiga bek, skuad Garuda berhasil memecundangi tuan rumah Kuwait di putaran ketiga kualifikasi Piala Asia 2023 kemarin. Kombinasi pemain senior dan muda berhasil menjadi kekuatan mereka sejauh ini.

Indonesia sendiri punya riwayat yang tak terlalu mentereng di perhelatan kali ini. Mereka selalu terhenti di babak grup dalam empat penampilan sebelumnya. Tetapi bersama pelatih Shin Tae-yong, Indonesia kerap mampu menggebrak sejarah.

Video Populer

Foto Populer