Sukses


Tokyo Verdy Selesaikan J2 League 2022: Bintang Timnas Indonesia, Pratama Arhan Cuma Kebagian Main 45 Menit

Bola.com, Jakarta - J2 League 2022 sudah resmi berakhir. Liga sepak bola level kedua di Jepang itu baru saja menyelesaikan laga pekan ke-42 alias pekan terakhir pada Minggu (23/10/2022) siang.

Klub yang diperkuat Pratama Arhan, Tokyo Verdy menutup pekan terakhir dengan manis. Verdy meraih kemenangan 2-0 saat mejamu Okayama di Ajinomoto Stadium.

Dua gol kemenangan Verdy pada laga itu dicetak oleh Keito Kawamura pada menit ke-35. Ryogo Sato menggenapkan kemenangan Tokyo Verdy pada menit ke-64.

Namun, kemenangan ini tak bisa mengantarkan Verdy melangkah lebih jaugh. Tim yang identik dengan warna hijau itu mengakhiri J2 League 2022 dengan menempati posisi ke-9. Verdy mengumpulkan 61 poin dari 42 laga.

2 dari 4 halaman

Gagal Promosi

Duduk di posisi kesembilan klasemen akhir membuat Tokyo Verdy gagal menggapapai tiket promosi ke J1 League musim depan. Tiket promosi sejauh ini baru dimiliki dua klub yakni, Albirex Nigata sebagai juara, dan Yokohama FC sebagai runner-up.

Satu tiket pomosi lain masih akan diperebutkan tiga tim yakni Fagiano Okayama, Roasso Kumamoto, dan Oita Trinita. Ketiganya akan berlaga di babak play off.

Hasil itu tentu tidak sesuai dengan target Tokyo Verdy pada awal musim lalu. Saat itu Verdy memang menargetkan segera promosi ke level atas sepak bola Jepang.

3 dari 4 halaman

Arhan Dapat Jatah 45 Menit

Tokyo Verdy dan J2 League menarik perhatian penggemar sepak bola Indonesia. Pada Februari 2022 lalu, mereka mamastikan merekrut talenta muda Indonesia, Pratama Arhan.

Banyak harapan yang muncul dari publik sepak bola nasional untuk Arhan saat itu. Apalagi kala itu Arhan baru saja tampil apik bersama Timnas Indonesia dan PSIS Semarang.

Namun, apa yang diharapkan publik itu sampai sekarang tidak terjadi. Hingga akhir musim, Pratama Arhan hanya sekali dimainkan oleh Tokyo Verdy.

Itu terjadi pada laga pekan ke-25 yang berlangsung pada 7 Juni 2022 lalu. Saat itu, Arhan dimainkan selama satu babak atau 45 menit sebagai winger kanan.

4 dari 4 halaman

Kontrak Masih Lama

Kondisi itu menimbulkan tanda tanya. Apakah sebenarnya Arhan memiliki masa depan di Tokyo Verdy?

Pratama Arhan memiliki kontrak yang cukup panjang di Tokyo Verdy. Kontraknya baru akan berakhir pada akhir Januari 2024 mendatang.

Situasi Arhan di Jepang saat ini memang sulit. Namun, pemain berusia 20 tahun masih punya jalan yang panjang.

Arhan bisa saja terus bekerja keras dan mencari kesempatan bermain di Tokyo Verdy. Arhan pun bisa mencoba opsi lain. Misalnya dengan dipinjamkan ke klub lain di Jepang.

 

 

 

Video Populer

Foto Populer