Sukses


Kaesang Pangarep, dari Urus Pisang ke Dunia Sepak Bola: Calon Ketua PSSI di Masa Depan?

Bola.com, Jakarta - Kaesang Pangarep bisa dikatakan sebagai pemain baru di dunia sepak bola Tanah Air. Namun, putra bungsu Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo ini sudah meunjukkan prestasi yang menarik.

Kaesang menjadi direktur utama Persis Solo sejak awal tahun 2021 lalu. Belum genap dua tahun ikut serta mengurus Persis, Kaesang sudah bisa membawa Laskar Sambernyawa berlaga di level tertinggi sepak bola nasional pada musim ini.

Ya, Persis Solo menjadi juara di ajang Liga 2 2021. Keberhasilan itu membuat Persis berhak merengkuh tiket promosi ke Liga 1 musim 2022/2023.

Belakangan, nama Kaesang pun menjadi perbincangan. Sebab, pria berusia 27 tahun itu menjadi sosok pertama dari kalangan klub Liga 1 yang menggelorakan semangat Kongres Luar Biasa (KLB) di tubuh PSSI.

Kaesang tampak gerah dengan situasi di federasi sepak bola Indonesia itu. Terutama setelah tidak adanya kejelasan selepas Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada 1 Oktober 2022.

2 dari 4 halaman

Minta Diajari KLB

Kaesang mengungkapkan apa yang ia rasakan mengenai PSSI belakangan ini pada akun Twitter-nya. Kaesang meminta izin untuk diajari bagaimana cara mendorong KLB di PSSI.

"Pak, izin tolong ajarin kami untuk meminta KLB. Maaf, kami anak baru di dunia sepak bola. Apakah kami perlu kirim surat resmi menggunakan kop surat perusahaan ke PSSI?," cuit Kaesang.

Cuitan Kaesang Pangarep itu sebagai bentuk respon kepada salah satu anggota Komite Eksekutif PSSI, Ahmad Riyadh yang terang-terangan menolak dilaksanakannya KLB di tubuh PSSI dalam waktu dekat.

3 dari 4 halaman

Berawal dari Sang Pisang

Kaesang Pangarep awalnya tampak tidak tertarik dengan dunia sepak bola. Ia lebih tertarik pada bisnis kuliner.

Menariknya, bisnis itu tidak asing dengan keluarganya. Sang kakak yang kini menjadi walikota Solo, Gibran Rakabuming memiliki usaha catering di Solo.

Pada akhir 2019, Kaesang mengikuti jejak sang kakak. Saat itu ia meluncurkan usaha di bidang kuliner dengan nama Sang Pisang. Beragam olahan pisang menjadi andalan unit usaha Kaesang tersebut.

Belakangan, sepak terjang Kaesang Pangarep semakin berkembang. Ia memiliki beberapa bidang usaha lain bahkan di luar bidang kuliner.

4 dari 4 halaman

Calon Potensial Ketua Umum PSSI di Masa Depan?

Berkat keberaniannya di media sosial menyuarakan KLB PSSI, Kaesang pun digadang menjadi salah satu calon potensial ketua umum PSSI di masa depan oleh netizen.

Kaesang disandingkan dengan beberapa nama lain. Sebut saja wartawan senior, Najwa Shihab. Lalu ada menteri BUMN, Erick Thohir.

Ada pula nama eks Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria yang masuk ke dalam daftar itu. Termasuk Presiden Persebaya, Azrul Ananda dan juga ketua umum Asprov PSSI DIY, Ahmad Syauqi Soeratno.

 

Video Populer

Foto Populer