Sukses


Level Pede Up! Bertemu Uzbekistan dan Irak, Shin Tae-yong Yakin Timnas Indonesia Lolos Fase Grup Piala Asia U-20

Bola.com, Jakarta - Undian fase grup Piala Asia U-20 2023 sudah dilakukan, Rabu (26/10/2022) sore. Dalam undian itu, Timnas Indonesia U-20 tergabung dalam Grup A.

Grup itu cukup berat. Selain Timnas Indonesia U-20, ada sang tuan rumah, Uzbekistan. Dua jagoan dari Timur Tengah, Irak dan Suriah pun melengkapi grup tersebut.

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong tidak takut dengan hasil undian tersebut. Shin justru terlihat sangat percaya diri.

Eks pelatih Seongnam Ilhwa itu bahkan yakin Marselino Ferdinan dan kawan-kawan bisa tampil apik dan lolos dari fase grup di Piala Asia U-20 tahun depan. Syaratnya, mereka harus melakukan persiapan dengan baik.

"Ada Uzebekistan sebagai tuan rumah, Irak dan Suriah. Kalau kita melakukan persiapan dengan baik dari sekarang saya yakin bisa lolos," tegas Shin Tae-yong.

2 dari 5 halaman

Geber Uji Cob di Luar Negeri

Saat ini Timnas Indonesia U-20 sedang berada di Turki untuk menjalani pemusatan latihan. Rentetan laga uji coba pun harus dijalani skuad Garuda Nusantara di negara tersebut.

Pada Rabu (26/10/2022) malam WIB lalu, Timnas Indonesia U-20 kalah 1-2 dari Turki U-20. Satu-satunya gol Timnas Indonesia U-20 dalam laga itu dicetak oleh Dony Tri Pamungkas.

Dony mencetak gol pada akhir babak kedua. Gol pemain Persija Jakarta itu berperan memperkecil kedudukan menjadi 1-2 tetap untuk keunggulan Turki U-20.

Dony merasa para pemain Garuda Nusantara sudah berjuang dengan baik. Meski harus diakui ada beberapa hal yang harus diperbaiki.

"Untuk hasil mengecewakan tapi anak-anak sudah berusaha dan semoga lebih baik kedepa. Kami kurang saling komunikasi," jelasnya.

3 dari 5 halaman

Rekor Bagus 2018

Timnas Indonesia sebenarnya punya rekor bagus saat berlaga di ajang Piala Asia U-20. Pada tahun 2018 saat turnamen ini masih bernama Piala Asia U-19, Garuda Nusantara menorehkan prestasi yang lumayan.

Saat itu Timnas Indonesia U-19 mampu lolos dari fase grup. Mereka menjadi runner-up Grup A dengan raihan enam poin.

Dua kemenangan berhasil diraih skuad Indra Sjafri saat itu. Kemenangan 3-1 atas China Taipai dan 1-0 atas Uni Emirat Arab berhasil diamankan Witan Sulaeman dkk saat itu.

Namun, di babak perempat final, Timnas Indonesia U-19 harus takluk 0-2 dari Jepang. Padahal, jika menang atas Jepang U-19, Timnas Indonesia U-19 bisa berlaga di putaran final Piala Dunia U-20 2019.

4 dari 5 halaman

Tiket Otomatis

Piala Asia U-20 2023 pun memperebutkan empat tiket menuju Piala Dunia U-20 2023. Namun, hasil di Uzbekistan tak akan mempengaruhi kelolosan Indonesia ke Piala Dunia U-20.

Sebagai tuan rumah, Timnas Indonesia U-20 otomatis akan berlaga di Piala Dunia U-20. Namun, hal itu tentu tidak boleh dijadikan alasan Marselino Ferdinan dkk bisa tampil buruk di Uzbekistan tahun depan.

Mereka tetap harus tampil maksimal. Apalagi persiapan yang dilakukan skuad Garuda Nusantara generasi ini lebih baik ketimbang skuad yang diasuh Indra Sjafri pada tahun 2019.

5 dari 5 halaman

Hasil Undian Piala Asia U-20 2023

Grup A

- Uzbekistan

- Indonesia

- Irak

- Suriah

Grup B

- Qatar

- Australia

- Vietnam

- Iran

Grup C

- Korea Selatan

- Tajikistan

- Yordania

- Oman

Grup D

- Arab Saudi

- Jepang

- China

- Kyrgistan

 

Video Populer

Foto Populer