Sukses


Deretan Pelatih Pesaing Shin Tae-yong di Grup A Piala Asia U-20 2023: Mark Wotte, Lawan yang Paling Menarik

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-20 tengah berada di Turki. Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan sedang menjalani program pemusatan latihan panjang. Mereka pun akan menjalani beberapa laga uji coba di negara tersebut.

Persiapan yang matang memang perlu dilakukan Timnas Indonesia U-20. Tahun depan ada dua agenda besar yang harus mereka ikuti. Ada Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20.

Undian babak grup Piala Asia U-20 2023 sudah dilakukan. Garuda Nusantara tergabung di Grup A. Ada sang tuan rumah, Uzbekistan, Irak, dan Suriah pada grup tersebut.

Tiga negara tersebut tentu bukan lawan yang mudah. Mereka sama-sama mempunyai tradisi sepak bola yang cukup kuat di Asia.

Babak grup itu akan menjadi ajang persaingan adu taktik para pelatih. Juru taktik Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong harus siap menghadapi tiga pelaih lain, yakni Mark Wotte (Suriah U-20), Farhod Nishonov (Uzbekistan U-20), dan Emad Mohammed (Irak U-20).

Bola.com memiliki ulasan mengenai tiga calon lawan Shin Tae-yong itu.

2 dari 4 halaman

Mark Wotte (Suriah U-20)

Pelatih asal Belanda berusia 61 tahun ini bakal menjadi lawan yang paling menarik yang akan beradu strategi dengan Shin Tae-yong di Piala Asia U-20 2023.

Wotte punya pengalaman segudang. Klub-klub Belanda seperti FC Den Bosch, FC Utrecht, RKC Waalwijk, Willem II pernah ia tukangi. Ia juga pernah menjadi pelatih Timnas Belanda U-21 pada 2000.

Mark Wotte bahkan pernah merasakan sepak bola Inggris. Ia pernah menjadi manajer Southampton pada tahun 2009.

Wotte baru menukangi Suriah U-20 sejak 1 Agustus 2022. Prestasi pertamanya bersama Suriah adalah meloloskan negara tersebut di ajang Piala Asia U-20 2023.

3 dari 4 halaman

Farhod Nishonov (Uzbekistan U-20)

Sebagai tuan rumah, Uzbekistan U-20 tentu difavoritkan. Bukan hanya menjadi juara Grup A, tapi juga menjuarai Piala Asia U-20 2023.

Namun, Uzbekistan U-20 terlihat cukup berani. Mereka mempercayakan tugas pelatih kepala kepada Farhod Nishonov yang masih berusia 31 tahun.

Dengan usia tersebut, Nishonov menjadi pelatih termuda di antara para kontestan Piala Asia U-20 2023 yang lain. Nishonov adalah eks pemain yang lama berkarier di beberapa klub lokal Uzbekistan. Ia mulai ditunjuk menukangi Timnas Uzbekistan U-20 sejak awal Juli 2022.

Sejauh ini rekor Uzbekistan di bawah asuhan Nishonov cukup baik. Shakzod Rakhmatulaev dkk. menang empat kali dari empat laga terakhir.

4 dari 4 halaman

Emad Mohammed (Irak U-20)

Pelatih muda pun dipercaya untuk menukangi Irak U-20. Pelatih kepala Irak U-20 saat ini dipegang pelatih berusia 40 tahun bernama Emad Mohammed.

Emad merupakan legenda sepak bola Iran. Mantan winger cepat ini sudah mencatatkan 81 caps dan mencetak 24 gol saat memperkuat Timnas Irak senior.

Ketika masih aktif bermain, Emad banyak berkarier di Qatar dan Iran. Bahkan ia sempat dua kali menjadi juara liga Iran saat memperkuat Sepahan.

Emad Mohammed mengawali kariernya sebagai pelatih pada 2014. Saat itu ia menukangi klub lokal Irak, Al-Zawraa SC. Timnas Irak U-20 ia tukangi sejak Mei 2021.

 

Video Populer

Foto Populer