Sukses


Wali Kota Malang Siap Kawal Tuntutan Aremania soal Usut Tuntas Kerusuhan Kanjuruhan

Bola.com, Malang - Wali Kota Malang, Sutiaji, angkat bicara soal tuntutan Aremania agar Tragedi Kanjuruhan diusut tuntas. Ia menyebut siap mengawal tuntutan Aremania tersebut.

"Tugas kami adalah meneruskan dan tetap mengawal," ucap Sutiaji, usai menerima massa aksi Aremania di Balai Kota Malang, Kamis (27/10).

"Negara punya wibawa ketika proses hukum berjalan dengan baik. Saat ini, proses hukum masih berjalan dan akan kita kawal," sambungnya.

Sebelumnya, sekitar seribu orang Aremania kembali turun ke jalan pada Kamis (27/10). Mereka masih dengan tuntutan yang sama untuk mengusut tuntas Tragedi Kanjuruhan, yang menelan 135 korban jiwa dan ratusan korban luka.

2 dari 4 halaman

9 Poin

Ada sembilan poin yang dituntut Aremania pada aksi tersebut. Salah satunya, mereka meminta agar tiga kepala daerah dan DPRD di Malang Raya turut andil mengawal pengusutan Tragedi Kanjuruhan hingga tuntas.

Sutiaji pun didaulat untuk ikut menandatangani surat tuntutan ini. Setelah ditemui langsung Sutiaji, massa Aremania pun mengakhiri aksinya.

3 dari 4 halaman

Teruskan Tuntutan Aremania

Lebih lanjut, Sutiaji mengaku tak hanya akan mengawal proses hukum Tragedi Kanjuruhan. Ia pun berjanji akan meneruskan tuntutan Aremania ini ke pihak-pihak terkait.

"Kami akan teruskan kepada pihak-pihak yang dituntut. Kalau ke polisi akan kami teruskan kepada Kapolri. Kepada PSSI nanti akan kami teruskan kepada PSSI dan FIFA," papar Sutiaji.

"Kami akan sampaikan ke sana, termasuk ada tuntutan rekonstruksi yang tak sesuai. Ini kan tuntutan teman-teman. Ini akan kami alirkan," ia menambahkan.

4 dari 4 halaman

Dukungan Kepala Daerah

Sementara itu, Sutiaji pun memastikan bahwa tuntutan ini mendapat dukungan penuh dari tiga kepala daerah di Malang Raya. Dengan otoritas yang dimiliki, mereka siap mengawal tuntutan ini.

"Tanpa diminta, kewajiban pemimpin adalah melindungi, memberi jaminan kepastian hukum," tutur Sutiaji.

"Apa yang jadi agenda teman-teman akan kami kawal," tegasnya.

Sumber asli: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Dendy Gandakusumah, Published 27/10/2022)

Video Populer

Foto Populer