Sukses


Termasuk Marselino Ferdinan, 5 Wonderkid yang Bakal Tampil di Piala Asia U-20 2023

Bola.com, Jakarta - Uzbekistan mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah Piala Asia U-20 2023. Ajang bergengsi ini akan dimulai pada 1 hingga 18 Maret 2023.

Timnas Indonesia U-20 dipastikan akan berlaga di ajang Piala Asia U-20 2023. Skuad Garuda Nusantara menjadi juara grup pada babak kualifikasi yang digelar di Surabaya.

Piala Asia U-20 kerap menjadi panggung bagi para pemain muda terbaik dari seluruh Asia. Takefusa Kubo, Takehiro Tomiyasu, Almoez Ali, Alireza Jahanbakhsh, dan banyak pemain lain adalah alumni turnamen ini.

Piala Asia U-20 tahun depan pun tentu saja akan menjadi panggung serupa bagi para pemain muda terbaik Asia. Bola.com mengumpulkan lima bintang Asia yang punya peluang bersinar di Uzbekistan tahun depan.

 
2 dari 6 halaman

Marselino Ferdinan (Timnas Indonesia U-20)

Marselino Ferdinan adalah bintang muda paling benderang di sepak bola Indonesia saat ini. Media Inggris, The Guardian, sempat memasukan nama Marselino dalam daftar wonderkid paling menjanjikan di dunia.

Marselino pun semakin menunjukkan potensi yang bagus. Pada usianya yang masih 18 tahun, ia mampu terus tampil reguler baik di level klub maupun di Timnas Indonesia.

Bahkan, Marselino tak hanya bermain di Timnas Indonesia kelompok umur saja. Timnas Indonesia senior pun sudah diperkuat olehnya.

Marselino akan menjadi motor serangan utama Timnas Indonesia pada Piala Asia U-20 2023. Marselino akan diberikan kebebasan berkreasi di lini tengah oleh Shin Tae-yong.

 
3 dari 6 halaman

Joshua Rawlins (Australia U-20)

Prestasi sepak bola Australia belakangan mengalami sedikit penurunan. Namun, Socceroos patut percaya diri mengenai masa depan mereka.

Banyak pemain muda potensial yang kini dimiliki Australia. Salah satu pemain muda Australia yang paling menarik adalah Joshua Rawlins.

Joshua Rawlins adalah seorang bek kanan. Ia mengawali karier di klub lokal Australia, Perth Glory FC.

Tampil apik di Perth, Rawlins menarik perhatian klub Eropa. Sejak Juli 2022 lalu, Rawlins mendapatkan kontrak di klub Belanda, FC Utrecht.

4 dari 6 halaman

Riku Yamane (Jepang U-20)

Jepang sejak dulu dikenal sebagai kekuatan Asia. Negara yang berasal dari kawasan Asia Timur itu juga tak pernah kehabisan pemain muda berbakat.

Kini kita mengenal beberapa pemain muda Jepang yang bermain bagus di Eropa. Sebut saja Takefusa Kubo, Takehiro Tomiyasu, Kamada, dan Takumi Minamino.

Riku Yamane tampaknya siap menyusul langkah para seniornya itu. Yamane ada di jalan yang tepat. Kini ia memperkuat klub elite Jepang, Yokohama F Marinos.

Riku Yamane pun menjadi andalan Timnas Jepang U-20 di Piala Asia U-20 2023. Akan makin banyak klub Eropa yang memantau Yamane di ajang itu.

5 dari 6 halaman

Can Yahya Moustfa (Suriah U-20)

Moustfa adalah talenta muda paling menjanjikan yang dimiliki Suriah saat ini. Pada usianya yang masih 17 tahun, Moustfa bermain bersama Bayer Leverkusen.

Moustfa merupakan putra imigran Suriah yang tinggal di Jerman. Penyerang tengah satu ini sudah mendapatkan kesempatan mencicipi akademi sepak bola Jerman sejak 2017 lalu.

Saat itu, akademi pemain muda FC Koln menjadi klub pertama Moustfa. Ia pun sempat bermain untuk akademi Bonner FC.

Pada musim 2022/2023, Moustfa sudah bermain 12 kali untuk Bayer Leverkusen U-19. Ia bahkan sempat bermain di UEFA Youth League bersama Leverkusen.

6 dari 6 halaman

Van Khang Khuat (Vietnam U-20)

Vietnam adalah satu dari beberapa tim Asia yang prestasinya meningkat drastis dalam 10 tahun terakhir. Mereka kini bahkan ada di posisi 100 besar peringkat FIFA.

Setelah generasi Nguyen Quang Hai matang di level senior, Vietnam kini tengah bersiap untuk menyambut generasi baru pemain muda.

Generasi baru itu dipimpin oleh sang kapten, Van Khang Khuat. Pemain tersebut kini memperkuat klub besar Vietnam, Viettel.

Van Khang Khuat adalah playmaker modern. Ia sekilas memiliki karakter permainan yang mirip dengan Marselino Ferdinan.

Video Populer

Foto Populer