Sukses


4 Tim Unggulan Piala Asia U-20 2023: Rekor Mentereng Korea Selatan dan Ancaman dari Arab Saudi

Bola.com, Jakarta - Empat bulan lagi Piala Asia U-20 2023 akan resmi dimulai. Kompetisi usia muda paling bergengsi di Asia itu akan dilaksanakan di Uzbekistan.

Timnas Indonesia U-20 bakal berpartisipasi dalam ajang itu. Skuad Garuda Nusantara tergabung di Grup A bersama sang tuan rumah Uzbekistan. Ada pula Irak dan Suriah di grup tersebut.

Timnas Indonesia tentu mengincar hasil maksimal pada ajang itu. Persiapan intens berupa pemusatan latihan panjang dan rentetan laga uji coba pun dijalani Marselino Ferdinan dan kolega.

Skuad asuhan Shin Tae-yong layak percaya diri pada ajang itu. Apalagi Indonesia sebenarnya punya rekor yang lumayan apik di ajang Piala Asia U-19 atau U-20.

Pada tahun 2018, Timnas Indonesia U-19 mampu lolos hingga babak perempat final. Bahkan pada edisi Piala Asia U-19 tahun 1961, skuad Timnas Indonesia U-19 berhasil meraih gelar juara.

Namun, harus diakui Timnas Indonesia U-20 bukan favorit utama untuk menjadi juara Piala Asia U-20 2023. Empat negara di bawah ini bisa dikatakan ada di posisi unggulan terdepan untuk menjadi jawara Asia.

2 dari 5 halaman

Korea Selatan

Sejak lama, Korea Selatan memang dikenal sebagai salah satu kekuatan Asia. Pada ajang Piala Asia U-20, Korea Selatan pun memegang rekor dengan 12 gelar juara.

Taeguk Warriors pun tampil meyakinkan di babak kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Mereka lolos dengan status juara Grup E.

Korea Selatan U-20 generasi terkini pun memiliki beberapa pemain yang memiliki talenta menjanjikan. Yong-hak Kim adalah salah satunya. Ia kini bermain di Portugal dengan memperkuat Portimonense.

Namun, Korea Selatan sudah cukup lama tidak juara di Piala Asia U-19 atau U-20. Terakhir kali mereka melakukannya pada tahun 2012 lalu.

3 dari 5 halaman

Arab Saudi

Sebagai juara bertahan, Arab Saudi tentu tak bisa diremehkan. Mereka menjadi juara di ajang Piala Asia U-19 2018 yang berlangsung di Indonesia.

Saat itu Arab Saudi memegang rekor sempurna dari babak grup hingga babak final. Korea Selatan berhasil mereka kalahkan dengan skor 2-1 pada babak final yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Sejauh ini Arab Saudi sudah mengoleksi tiga gelar di ajang Piala Asia U-19 atau U-20. Selain gelar di tahun 2018, mereka juga pernah meraih gelar serupa pada edisi 1986 dan 1992.

Arab Saudi akan mengandalkan para pemain yang berlaga di liga lokal pada Piala Asia U-20 2023. Mereka akan tetap ditukangi pelatih berpengalaman asal Belanda, Damiën Hertog.

4 dari 5 halaman

Qatar

Qatar adalah negara yang sangat ambisius dalam bidang sepak bola belakangan ini. Mereka berhasil mendapatkan hak sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023.

Tak hanya itu, Qatar pun serius dalam hal membangun generasi muda yang berkualitas di bidang sepak bola. Satu gelar juara Piala Asia U-19 berhasil diraih Qatar pada tahun 2014 silam.

Setelah itu Qatar cukup konsisten berlaga di putaran final Piala Asia U-19 atau U-20. Pada Piala Asia U-20 2023, Qatar ada d jalur yang bagus.

Mereka ada di Grup B dengan status sebagai wakil pot 1. Vietnam, Australia, dan Iran sangat mungkin mereka hajar pada grup itu.

5 dari 5 halaman

Uzbekistan

Satu tim lagi yang tak boleh dilupakan pada Piala Asia U-20 2023 adalah sang tuan rumah, Uzbekistan. Motivasi mereka tentu sangat tinggi untuk bisa meraih gelar juara di kandang sendiri.

Uzbekistan sebenarnya memiliki tradisi sepak bola yang kuat. Bahkan, bisa dikatakan mereka adalah yang terbaik dari kawasan Asia Tengah.

Motivasi Uzbekistan di Piala Asia U-20 2023 akan semakin meninggi. Meningat mereka sejauh ini belum pernah menjad juara.

Prestasi terbaik Uzbekistan di ajang itu terjadi pada tahun 2008. Saat itu mereka menjadi runner-up setelah kalah 1-2 dari Uni Emirat Arab di babak final.

Video Populer

Foto Populer