Sukses


3 Stadion di Luar Jawa yang Layak Jadi Markas Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022: Batakan Opsi Menarik

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia terancam tak bisa menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Stadion yang terletak di Senayan, Jakarta Pusat itu kabarnya harus steril dari aktivitas apapun sampai Piala Dunia U-20 2023.

Menpora Zainudin Amali belum lama ini memberikan opsi stadion lain untuk dijadikan kandang Timnas Indonesia. Misalnya Stadion Patriot Candrabhaga atau Stadion Pakansari.

"Kan banyak (stadion) yang enggak dipakai seperti Pakansari dan Patriot, itu kan enggak dipakai," ujar Menpora Zainudin Amali belum lama ini.

Pakansari tidak terlalu asing bagi Timnas Indonesia. Pada Piala AFF 2016, stadion itu menjadi markas bagi skuad Garuda.

Namun, PSSI sebenarnya tidak harus fokus pada stadion yang di Jawa saja. Beberapa stadion di luar Jawa pun punya potensi menarik untuk dijadikan kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

2 dari 4 halaman

Stadion Batakan (Balikpapan)

Stadion Batakan menjadi opsi yang paling menarik untuk digunakan sebagai kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Stadion yang terletak di Balikpapan, Kalimantan itu tergolong baru.

Batakan pun memiliki keunikan yang jarang dimiliki stadion di Indonesia. Keunikan yang dimaksud adalah tidak adanya lintasan lari yang mengitari lapangan.

Selain itu, Stadion Batakan sebenarnya sudah pernah menjadi tuan rumah ajang internasional. Kandang Persiba Balikpapan ini pernah menjadi tuan rumah Piala Pelajar Asia 2019.

3 dari 4 halaman

Stadion Lukas Enembe (Jayapura)

Papua memiliki stadion baru yang memiliki kualitas sangat bagus. Stadion yang dimaksud adalah Stadion Lukas Enembe yang terletak di Kabupaten Jayapura.

Stadion itu baru dibuka beberapa tahun lalu. Ajang PON 2021 pun menjadi debut bagi stadion berkapasitas 40.263 tempat duduk itu.

Stadion ini bisa menjadi opsi selanjutnya yang bisa digunakan Timnas Indonesia sebagai kandang pada ajang Piala AFF 2022.

4 dari 4 halaman

Stadion Mandala (Jayapura)

Satu stadion luar Jawa lain yang bisa dilirik PSSI untuk dijadikan sebagai kandang adalah Stadion Mandala yang terletak di kota Jayapura.

Stadion ini memiliki kapasitas 30 ribu tempat duduk. Lokasinya yang dekat dengan pusat kota membuat Mandala sangat strategis.

Selain itu, Stadion Mandala juga sangat berpengalaman menggelar ajang internasional. Ketika Persipura Jayapura masih kerap berkiprah di Piala AFC, stadion ini menjadi kandang bagi Mutiara Hitam.

Video Populer

Foto Populer