Sukses


Reformasi Sepak Bola Indonesia: Inilah Deretan Artis yang Layak Jadi Exco, Bahkan Menjabat Ketum PSSI

Bola.com, Jakarta - Dalam tujuh tahun terakhir, kalangan artis mulai merambah dunia sepak bola Indonesia, dan bukan tidak mungkin di masa-masa mendatang mereka bisa menduduki jabatan eksekutif di PSSI.

Sejak musim lalu misalnya, Raffi Ahmad hingga Atta Halilintar turut meramaikan di belakang layar. Kemudian ada Prilly Latuconsina yang punya ikatan dengan Persikota Tangerang.

Adapun publik figur dari dunia hiburan Tanah Air yang merambah sepak bola Indonesia diawali oleh Abdee Negara Nurdin. Gitaris band legendaris Slank ini diketahui mendirikan klub bernama Celebes FC.

Di tengah gencarnya tuntutan reformasi sepak bola Indonesia dengan PSSI sebagai target institusi yang harus dirombak, artis-artis tersebut patut diberi kesempatan jadi pengurus atau, bahkan, Ketua Umum Federasi sepak bola Indonesia.

Dari sekian nama, siapakah sosok yang punya cukup pengalaman berkecimpung di sepak bola Indonesia dan memiliki kesempatan untuk masuk jajaran eksekutif PSSI? Berikut ini Bola.com mengulasnya.

 

2 dari 4 halaman

Abdee Slank

Kiprah sosok yang bernama lengkap Abdee Negara Nurdin ini dimulai pada 2015. Ketika itu PSSI berseteru dengan Pemerintah yang berakibat sanksi FIFA, semua level kompetisi pun terpaksa harus mandeg.

Tiba-tiba nama gitaris Slank tersebut terlibat sebagai panitia tiga turnamen sekaligus, yakni Piala Presiden 2015, Piala Jenderal Sudirman 2015-2016, dan Torabika Soccer Championship 2016. Bahkan, dia didaulat sebagai steering commitee Piala Jenderal Sudirman.

Tak hanya jadi panitia turnamen Nasional pengganti kompetisi, Abdee Slank juga mendirikan Celebes FC. Klub ini adalah metamorfosis dari Villa 2000. Sebagai putra asli Palu, Sulteng, Celebes FC yang berkiprah di Liga 2 ditangani pelatih Rudi Eka Priambada.

Namun cita-cita Abdee mengharumkan tanah kelahirannya dari sepak bola kandas. Karena Celebes FC gagal berprestasi dan terdegradasi ke Liga 3.

Kini pria berusia 54 tahun itu menjabat Komisaris di PT Telkom. Tampaknya 'kedekatan' Andee dengan Pemerintah bisa membuka jalannya ikut kontestasi pemilihan Ketum PSSI pada KLB tahun depan.

 

3 dari 4 halaman

Raffi Ahmad

Kepopuleran Raffi Ahmad bisa jadi daya tarik pada pemilihan Ketum PSSI mendatang. Apalagi sebagai pemilik RANS Nusantara FC, dia memiliki hak suara untuk memilih dan dipilih.

Raffi Ahmad juga 'dekat' dengan Pemerintah. Itu dibuktikan pada kampanye peluncuran pertama vaksin COVID-19, ketika dia menjadi vaksinator pertama bersama Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Soal ketajiran dan pengelolaan manajemen suami Nagita Slavina ini tak perlu diragukan lagi. Buktinya, RANS Nusantara FC termasuk salah satu tim paling sejahtera. Meskipun ini merupakan klub promosi Liga 1 2022/2023.

4 dari 4 halaman

Persaingan di Liga 1 2022/2023

Video Populer

Foto Populer