Sukses


Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat untuk Timnas Indonesia Masih Menunggu Tanda Tangan Jokowi

Bola.com, Jakarta - Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat telah memasuki babak akhir. Keduanya tinggal menjalani dua tahapan lagi untuk bisa menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Setelah melalui proses yang panjang sejak awal tahun ini, Sandy Walsh dan Jordi Amat hanya butuh tanda tangan Presiden Jokowi yang tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres).

Setelah mendapatkan pengesahan dari Jokowi, Sandy Walsh dan Jordi Amat akan melakukan pengambilan sumpah kewarganegaraan Indonesia di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham.

"Dari Keppres, lalu berkas keduanya akan dikirim ke Kemenkumham. Kemudian, Kemenkumham akan menunjuk Kanwil untuk pengambilan sumpah," ujar Hamdan Hamedan, perwakilan PSSI yang mengurus naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat, kepada Bola.com, Minggu (6/11/2022).

2 dari 6 halaman

Sudah Hampir Selesai

Lewat akun Instagramnya, @hamdan.hamedan pada Minggu (6/11/2022), Hamdan Hamedan mengungkapkan alur proses naturalisasi Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama.

Naturalisasi Shayne Pattynama agak sedikit terlambat ketimbang Sandy Walsh dan Jordi Amat karena dokumen bek asal Belanda ini masuk belakangan.

"Memang sudah hampir selesai naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat," imbuh Hamdan Hamedan.

3 dari 6 halaman

Penjelasan Hamdan Hamedan

"Saat ini, kami masih menunggu bersama Keppres yang bertanda tangan Yth Bapak Presiden Jokowi," tutur Hamdan Hamedan.

"Beliau adalah seorang pencinta sepak bola yang amat menaruh perhatian terhadap kemajuan sepak bola nasional dan Timnas Indonesia."

"Hormat dan dukungan saya untuk beliau," tutur pria yang juga mengerjakan naturalisasi untuk timnas U-20 tersebut.

4 dari 6 halaman

Target Tuntas November 2022

Sebelumnya, Sekjen PSSI, Yunus Nusi menargetkan paspor Indonesia Sandy Walsh dan Jordi Amat dapat terbit dalam bulan ini agar keduanya bisa membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

PSSI harus buru-buru merampungkan naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat karena keduanya juga perlu berganti asosiasi di FIFA.

5 dari 6 halaman

Pergantian Asosiasi

PSSI wajib memproses administrasi alih status dan perpindahan asosiasi di FIFA untuk Sandy Walsh dari Belanda dan Jordi Amat dari Spanyol ke Indonesia.

Ketika pergantian asosiasi Sandy Walsh dan Jordi Amat telah mendapatkan persetujuan dari FIFA, keduanya baru bisa bertanding dengan Timnas Indonesia.

6 dari 6 halaman

Unggahan Hamdan Hamedan

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Hamdan Hamedan (@hamdan.hamedan)

Video Populer

Foto Populer