Sukses


6 Pemain ASEAN di J2 League: Bagaimana Performa Pratama Arhan Dibandingkan Pemain Lainnya?

Bola.com, Jakarta - Sepak bola Jepang memang membuka pintu yang sangat lebar untuk para talenta dari Asia Tenggara mentas di sana.

Dari J1 League yang merupakan level tertinggi sepak bola Jepang hingga beberapa level di bawahnya, ada pemain dari ASEAN yang bermain.

Indonesia memiliki satu wakil di J2 League 2022. Sosok yang dimaksud adalah Pratama Arhan. Bek sayap berusia 20 tahun itu memperkuat Tokyo Verdy sejak awal tahun 2022.

Namun, banyak pihak yang menyayangkan karier Arhan di Verdy. Eks pemain PSIS Semarang itu memang jarang mendapatkan kesempatan berlaga bersama Verdy.

Di sepanjang musim J2 League 2022, Arhan hanya tampil sekali. Itu terjadi pada laga melawan Tochigi dimana Arhan hanya bermain selama satu babak alias 45 menit.

Selain Arhan, ada lima pemain ASEAN lain yang beredar di J2 League 2022. Bola.com memiliki catatan mengenai penampilan mereka seperti di bawah ini.

2 dari 6 halaman

Sittichok Paso (Thailand/RC Ryukyu)

Penggawa Timnas Thailand U-23 ini memperkuat RC Ryukyu. Sama seperti Arhan, Paso pun hanya bermain satu kali.

Namun sialnya, total menit bermainnya di sepanjang musim J2 League 2022 hanya satu menit. Satu-satunya menit bermain Paso itu didapat saat ia memperkuat Ryuku dalam laga melawan Omiya Ardija pada 25 Mei 2022.

Sittichok Paso adalah striker muda berbakat yang dimiliki Thailand. Ia pernah mencetak 12 gol dalam 13 laga bersama Thailand U-19.

3 dari 6 halaman

Vu Hong Quan (Vietnam/FC Ryukyu)

Vu Hong Quan pun memperkuat Ryuku sama seperti Sittichok Paso di J2 League 2022. Gelandang berusia 23 tahun asal Thailand ini pernah mencatatkan satu pertandingan bersama Ryukyu.

Bedanya satu laga itu dicatatkan Vu bukan di J2 League. Melainkan di ajang Emperor's Cup.

Kini, Vu Hong Quan sudah tidak lagi memperkyat RC Ryuku. Ia pulang ke negaranya untuk memperkuat Sai Gon FC.

4 dari 6 halaman

Pham Van Luam (Vietnam/FC Ryukyu)

Pham Van Luam menjadi pemain ketiga dari ASEAN yang memperkuat RC Ryukyu di J2 League 2022. Performanya bisa dikatakan lumayan.

Gelandang bertahan berusia 23 tahun itu mampu tampil dalam dua laga bersama Ryukyu. Catatan menit bermainnya mencapai 104 menit.

Meski kemudian ia tampaknya tak betah lama-lama berada di Jepang. Bersama Vu Hong Quan, Pham kembali ke Sai Gon FC.

5 dari 6 halaman

Jefferson Tabinas (Mito Hollyhock)

Berbeda dengan empat pemain ASEAN di atas, Jefferson Tabinas tampil sangat baik di J2 Legue 2022. Bek Timnas Filipina ini menjadi andalan di Mito Hollyhock.

Di sepanjang musim, bek tengah berusia 24 tahun ini mencatatkan 23 penampilan dan satu gol. Bisa dikatakan Jefferson adalah salah satu bek andalan Hollyhock.

Jefferson pun sudah diakui reputasinya di Filipina. Sejauh ini eks pemain Gamba Osaka ini sudah punya enam caps di tim senior Azlaks.

6 dari 6 halaman

Paul Tabinas (Iwate Grulla Morioka)

Paul merupakan adik kandaung dari Jefferson Tabinas. Kebetulan pada musim 2022 keduanya sama-sama bermain di J2 League.

Paul Tabinas memperkyuat klub bernama Iwate Grulla Morioka. Sebagai salah satu bek kanan andalan, Paul tampil lumayan apik.

Ia mampu mencatatkan 27 penampilan. Pemain berusia 20 tahun ini pun mampu mencetak satu gol dan satu assist. Namun, Paul masih menanti caps resmi pertamanya bersama Filipina.

 

Video Populer

Foto Populer