Sukses


Termasuk Bintang Muda Timnas Indonesia, 5 Wonderkid Ini Diprediksi Moncer di Piala AFF 2022

Bola.com, Jakarta - Piala AFF 2022 akan bergulir pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Turnamen dua tahunan tersebut bakal menjadi ajang pemain-pemain di Asia Tenggara untuk unjuk gigi, termasuk para wonderkid.

Untuk edisi ke-14 ini, Piala AFF akan berbeda dari yang sebelumnya. Kali ini turnamen sepak bola paling akbar di Asia Tenggara itu bakal diikuti 10 tim.

Piala AFF 2022 akan digelar secara home and away atau kandang dan tandang, sama seperti edisi 2018. Tiap tim akan bermain dua kali di kandang dan dua kali di markas lawan.

Piala AFF 2022 akan terbagi menjadi dua grup, dengan tiap grup berisikan masing-masing lima tim. Dua tim terbaik dari setiap grup akan melaju ke semifinal.

Demi merengkuh trofi juara Piala AFF 2022, seluruh tim akan memanggil para pemain terbaiknya. Dari nama-nama yang dipanggil, beberapa di antaranya adalah pemain muda.

Berikut ini adalah lima wonderkid yang diprediksi bakal mencuri perhatian di Piala AFF 2022.

 

2 dari 6 halaman

Nguyen Quoc Viet (Vietnam)

Pemain berusia 19 tahun tersebut merupakan sosok penting di Timnas Vietnam U-19 dan U-23. Dia turut membawa Vietnam U-23 meraih trofi juara di Piala AFF U-23 2022.

Sayangnya, Nguyen Quoc Viet gagal mengantarkan Timnas Vietnam U-19 menjadi juara di Piala AFF U-19 2022. Vietnam hanya mampu meraih peringkat ketiga, setelah mengalahkan Thailand lewat adu penalti.

Meski begitu, Quoc Viet berhasil meraih status top skorer di ajang tersebut dengan koleksi lima gol. Tampil moncer di timnas kelompok umur, Nguyen Quoc Viet diprediksi bakal mendapat kesempatan membela Timnas Vietnam di Piala AFF 2022.

Andai hal itu terealisasi, Quoc Viet akan menjalani debut bersama tim senior sekaligus berpeluang unjuk gigi.

 

3 dari 6 halaman

Suphanat Mueanta (Thailand)

Striker klub Buriram United tersebut adalah satu di antara pemain muda berbakat yang dimiliki Thailand. Setelah memperkuat timnas kelompok usia, Suphanat Mueanta dipercaya membela Timnas Thailand pada 2019.

Sejauh ini, pemain berusia 20 tahun tersebut telah menorehkan 10 caps bersama Timnas Thailand. Dari jumlah tersebut, Suphanat Mueanta berhasil mendulang tiga gol.

Pada Piala AFF 2022, Suphanat Mueanta diprediksi akan mendapat panggilan membela Timnas Thailand. Memiliki skill mumpuni dalam membobol gawang lawan, Suphanat bakal menjadi momok bagi lawan-lawan Thailand di Piala AFF tahun ini.

 

4 dari 6 halaman

Akhyar Rashid (Malaysia)

Akhyar pertama kali dipercaya membela Timnas Malaysia pada Maret 2018, ketika masih berumur 18 tahun. Sejak saat itu, Akhyar Rashid menjadi satu di antara pemain andalan Tim Harimau Malaya.

Striker Johor Darul Ta'zim tersebut turut membantu Timnas Malaysia menembus hingga final Piala AFF 2018. Sayangnya, Malaysia gagal meraih gelar juara karena kalah 0-1 dari Vietnam.

Sejauh ini, Akhyar Rashid telah mencatatkan 32 caps dan mencetak tujuh gol bersama Timnas Malaysia. Pemain berusia 23 tahun tersebut diyakini bakal menambah pundi-pundi golnya bersama Malaysia di Piala AFF 2022.

 

5 dari 6 halaman

Ilhan Fandi (Singapura)

Ilhan merupakan putra ketiga dari legenda hidup Timnas Singapura, Fandi Ahmad. Mewarisi bakat mengolah bola sang ayah, pemain berusia 20 tahun tersebut tampil impresif di level klub.

Ilhan Fandi berhasil mencetak 15 gol dari 17 pertandingan bersama Albirex Niigata pada musim ini. Akan tetapi, dia belum pernah mencetak gol bersama Timnas Singapura dari empat pertandingan.

Kendati begitu, Ilhan dipercaya akan membela Singapura di Piala AFF 2022. Ilhan Fandi bakal digadang-gadang menjadi mesin gol The Lions di ajang tersebut.

 

6 dari 6 halaman

Marselino Ferdinan (Indonesia)

Talenta muda paling menyenangkan di sepak bola Indonesia saat ini. Marselino terus menunjukkan potensinya yang luar biasa.

Usia Marselino baru 18 tahun. Namun, pemain Persebaya Surabaya itu sudah punya tujuh caps dan satu gol di Timnas Indonesia.

Marselino punya tantangan berat yakni konsistensi. Sebab, saat ini kariernya masih belum bisa terlalu dibanggakan karena baru berkutat di level junior.

Video Populer

Foto Populer