Sukses


Direstui Komisi III DPR RI, Shayne Pattynama Selangkah Lagi Jadi WNI dan Bela Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Komisi III DPR RI resmi memberikan restu dan rekomendasi pemberian kewarganegaraan untuk Shayne Pattynama. Restu itu membuat Shayne selangkah lagi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan bisa membela Timnas Indonesia.

Restu dan rekomendasi dari Komisi III DPR RI diberikan pada Rabu (9/11/2022) atau sehari setelah Komisi X. Hasil itu didapat setelah Komisi III menggelar rapat kerja dengan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia bersama Menpora Zainudin Amali, serta dihadiri Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Sekjen Yunus Nusi.

"Komisi III DPR RI menyetujui pemberian kewarganegaraan RI atas nama Shayne Elian Jay Pattynama untuk selanjutnya diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan," kata Pimpinan Sidang yang juga Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Adies Kadir.

Restu yang didapat membuat Shayne Pattynama segera bisa menjadi WNI. Kini, Shayne berburu dengan waktu untuk mengurus tahap akhir dari proses naturalisasinya agar bisa membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Percepat Prestasi Timnas

Menpora Zainudin Amali menyebut, pemberian naturalisasi pada Shayne Pattynama merupakan kebutuhan jangka pendek demi mempercepat prestasi Timnas Indonesia. Sebelumnya, DPR juga merestui proses naturalisasi dari Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Meski demikian, Zainudin Amali tak ingin Timnas Indonesia hanya bergantung pada proses naturalisasi. Zainudin berharap, pembinaan atlet dalam negeri tetap menjadi yang utama.

"Kami sangat membutuhkan pemain-pemain seperti yang sudah kami naturalisasi dua orang ditambah hari ini Shayne Pattynama," ucap Zainudin Amali.

"Akan tetapi, sekali lagi, kita tetap bertumpu kepada pembinaan karena talenta kita tidak kurang, akademi-akademi di klub-klub itu juga melakukan pembinaan. Jadi, kita tidak mengandalkan naturalisasi. Naturalisasi adalah jangka pendek,” sambungnya. 

3 dari 5 halaman

Ucapkan Terima Kasih

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengucapkan terima kasih kepada Komisi III DPR RI yang sudah membantu proses naturalisasi Shayne Pattynama. Iriawan berharap, proses selanjutnya juga bisa berjalan dengan lancar.

"Saya mengucapkan kembali syukur Alhamdulillah karena Komisi III DPR RI juga telah menyetujui permohonan naturalisasi untuk Shayne Pattynama. Setelah kemarin Komisi X menyetujui hal serupa," ucap Iriawan.

"Hanya tinggal beberapa proses lagi yang harus diselesaikan. Semoga proses-proses berikutnya berjalan lancar sehingga kita bisa melihat Shayne mengenakan seragam kebanggaan Timnas Indonesia," tegas Iriawan.

4 dari 5 halaman

Tambahan Kekuatan

Kehadiran Shayne Pattynama bakal menambah kekuatan Timnas Indonesia. Seperti diketahui, Shayne Pattynama merupakan bek kiri tangguh.

Shayne Pattynama menjadi andalan di klubnya, Viking FK, yang berlaga di kasta teratas Liga Norwegia. Shayne Pattynama tercatat sudah mengemas 25 penampilan sejak bergabung pada 2021.

Shayne saat ini juga sudah mengemas dua gol untuk Viking FK. Menarik untuk menantikan karier sang pemain bersama Timnas Indonesia.

5 dari 5 halaman

Unggahan Iwan Bule

Video Populer

Foto Populer