Sukses


Tak Punya Banyak Teman, Pratama Arhan Sering Merasa Kesepian Selama di Jepang

Bola.com, Tokyo - Bek Timnas Indonesia, Pratama Arhan, blak-blakan mengaku sering merasa kesepian selama berada di Jepang. Situasi itu dialaminya karena tak memiliki banyak teman dalam kesehariannya.

Hampir delapan bulan Pratama Arhan menetap di Jepang. Namun, pemain berusia 20 tahun itu masih terkendala bahasa yang membuatnya kesulitan mendapatkan teman.

Masalah itulah yang biasanya mengganggu pikirannya selama ini di Jepang. Alhasil, Arhan memilih tak banyak menghabiskan waktu di luar ruangan.

"Hal yang tidak saya sukai selama di Jepang mungkin ketika merasa sendiri karena tidak ada teman. Mungkin itu terkendala bahasa. Saya juga jarang keluar dengan rekan satu tim," kata Pratama Arhan.

2 dari 5 halaman

Tak Masalah

Pratama Arhan mengaku, situasi yang dialaminya di Jepang tak masalah besar baginya. Bagi pemain berusia 20 tahun tersebut, kehidupan dan budaya Jepang tetap menarik perhatiannya.

"Untuk saya, itu bukan masalah. Saya sudah terbiasa dengan kehidupan di Jepang," ucap Arhan.

"Orang-orang di sini ramah. Lingkungannya juga baik. Semuanya sudah stabil terkait adaptasi," tegas Arhan.

3 dari 5 halaman

Buka Opsi

Sementara itu, Pratama Arhan juga menegaskan sudah siap mengarungi musim baru bersama Tokyo Verdy. Bila tak mendapatkan kesempatan, Arhan pasrah untuk menjalani masa pinjaman.

Musim perdana Pratama Arhan di Jepang memang tak sesuai harapan. Pemain Timnas Indonesia itu hanya mendapatkan kesempatan bermain selama 45 menit yang dikumpulkan dalam satu laga bersama Tokyo Verdy.

"Saya sangat siap menghadapi musim depan. Saya sudah beradaptasi, jika nanti dipinjamkan pun saya juga siap," kata Pratama Arhan.

4 dari 5 halaman

Demi Menit Bermain

Opsi peminjaman memang tak tertutup buat Pratama Arhan musim depan. Apalagi sang pemain masih terikat kontrak panjang bersama Tokyo Verdy yakni sampai 31 Januari 2024.

"Saya ingin mendapatkan banyak menit bermain di sini. Terkait kontrak, itu masalah pribadi jadi kita lihat saja nanti," tegas Pratama Arhan.

Pratama Arhan punya waktu untuk mempersiapkan diri. Dalam waktu dekat, Arhan kemungkinan besar akan kembali ke Timnas Indonesia untuk tampil di Piala AFF 2022.

5 dari 5 halaman

Tetap Bersyukur

Pratama Arhan tetap bersyukur bisa mencicipi atmosfer J-League 2 bersama Tokyo Verdy. Menurut Arhan, kompetisi elite Jepang itu sebagai satu di antara yang terbaik di Asia saat ini.

"Saya bersyukur mendapatkan kesempatan bermain di sini. Liga Jepang adalah kompetisi terbaik di Asia," jelas Arhan.

"Saya belajar banyak hal selama semusim di sini. Saya mendapatkan banyak pelajaran untuk memperbaiki kualitas saya sedikit demi sedikit," tegas Arhan.

Video Populer

Foto Populer