Sukses


Tampil Baik Bareng Timnas Indonesia U-17, Sepupu Asnawi Mangkualam Promosi ke Skuat Senior PSM

Bola.com, Makassar - Ada wajah baru di PSM Makassar. Dia adalah pesepakbola muda Sultan Zaky Pramana. Saat ini ia masih menimba ilmu di Akademi PSM.

Performanya yang gacor di Timnas Indonesia U-17, membuat Zaky dipanggil Pelatih PSM, Bernardo Tavares bergabung ke tim senior.

Bernardo mengaku sudah memantau situasi Zaky. Makanya, dia tak ragu memberi kesempatan naik kelas dan bersaing di tim senior.

"Saya memantau tim junior PSM. Saya memanggil dia untuk latihan ke tim senior. Inilah yang kami lakukan terhadap pemain di akademi,” kata Bernardo, Kamis (10/11/2022).

 

 

2 dari 5 halaman

Sepupu Asnawi

Terlahir dari keluarga pesepakbola, banyak yang belum kenal Zaky. Tapi dia adalah sepupu dari bek sekaligus kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam.

Ibunda Asnawi bersaudara dengan ayah Zaky, almarhum Ansar Razak. Nama terakhir juga adalah legenda PSM Makassar. 

Zaky berposisi sebagai bek tengah. Tinggi badannya 186 cm. Postur tubuhnya yang menjulang, mendukung performa Zaky sebagai tembok pertahanan yang kokoh.

Di Timnas U-17, Zaky adalah pemain kunci Pelatih Bima Sakti saat menjuarai Piala AFF U-16 2022 belum lama ini. 

 

3 dari 5 halaman

Bisa Jadi Andalan

Tidak menutup kemungkinan, kata Bernardo, Zaky juga bakal jadi andalannya di Liga 1 2022/2023 pada putaran kedua mendatang.

Pelatih asal Portugal itu akan terus memantau perkembangan Zaky dalam latihan.

"Kalian lihat banyak pemain akademi sebelum-sebelumnya yang kita bawa kesini. Semoga semakin banyak yang bisa ke tim utama,” lanjut Bernardo.

 

4 dari 5 halaman

Promosikan Pemain Muda

Strategi Bernardo mempromosikan pemain akademi ke skuad senior memang tepat. Di saat pemain dengan label senior bernilai mahal, talenta muda berbakat dari akademi adalah solusinya.

Musim ini, PSM Makassar bahkan mempromosikan empat pemain dari akademi. Mereka adalah Muhammad Dzaky Asraf, Ananda Raehan, Ricky Pratama dan Victor Johnson Dethan.

Keempatnya banyak mendapat menit bermain. Bahkan, Dzaky dan Ananda sudah sering masuk dalam Starting XI.

"Kita juga tak terlalu bisa mendapatkan pemain-pemain bagus yang mahal di luar sana. Inilah waktunya saya melihat mereka," demikian Bernardo. 

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer