Sukses


Plus Minus Stadion Pakansari dan Stadion Patriot untuk Jadi Kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia kemungkinan tidak akan berkandang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) untuk Piala AFF 2022. PSSI telah menyiapkan dua stadion alternatif bagi tim berjulukan Skuad Garuda itu.

Dua stadion yang disiapkan PSSI untuk menjadi homebase Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 adalah Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor dan Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali meminta SUGBK dan lima stadion lainnya untuk disterilkan demi Piala Dunia U-20 2023.

Selain SUGBK, lima stadion itu terdiri dari Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

Timnas Indonesia sudah lama tidak bermain di SUGBK. Skuad Garuda terakhir kali bertanding di sana pada September 2019 ketika melawan Thailand dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Ketika menjadi tuan rumah FIFA Matchday, Timnas Indonesia lebih memilih bermarkas di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung, dan Stadion Pakansari.

Selain itu, SUGBK akhir-akhir ini juga tengah dalam renovasi untuk menjadi satu dari enam venue Piala Dunia U-20 2023.

Lantas, bagaimana jika Timnas Indonesia bermain di Stadion Pakansari atau Stadion Patriot di Piala AFF 2022? Apa plus dan minus dari dua stadion itu?

2 dari 5 halaman

Stadion Pakansari

Stadion Pakansari terletak di area GOR Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Lokasinya cukup strategis untuk dijangkau dengan kendaraan pribadi.

Stadion Pakansari kerap menjadi pilihan pertama Timnas Indonesia ketika tidak dapat berkandang di SUGBK lantaran berbagai sebab.

Stadion Pakansari menjadi markas Timnas Indonesia di Piala AFF 2016. Skuad Garuda juga bertanding di homebase Persikabo 1973 itu ketika mengalahkan Thailand di partai puncak.

Terbaru, tuah Stadion Pakansari kembali membuat Skuad Garuda meraih kemenangan, kali ini atas Curacao 2-1 dalam FIFA Matchday pada 27 September 2022.

Stadion Pakansari sudah terbukti angker bagi tim lawan ketika Timnas Indonesia bermain. Stadion itu juga kerap penuh sesak saat Skuad Garuda beraksi.

Dari empat partai di Stadion Pakansari, Timnas Indonesia meraih tiga kemenangan dan sekali kalah. Rataan penonton mencapai 27.273 dari tiga laga.

Secara fasilitas, Stadion Pakansari cukup ideal. Stadion ini berkapasitas 30 ribu penonton dan mempunyai lahan parkir yang luas.

Namun, lapangan Stadion Pakansari mudah tergenang air. Beberapa kali banjir terjadi saat Persikabo 1973 dan RANS Nusantara FC bertanding di Liga 1.

Selain itu, Stadion Pakansari juga minim transportasi umum. Lokasi stadion memang dekat dengan exit tol, namun tidak dilalui angkutan umum dan jauh dari stasiun KRL.

3 dari 5 halaman

Rekor Timnas Indonesia ketika Berkandang di Stadion Pakansari

Piala AFF 2022

  • 3 Desember 2016: Timnas Indonesia 2-1 Vietnam
  • Jumlah Penonton: 30.000
  • 14 Desember 2016: Timnas Indonesia 2-1 Thailand
  • Jumlah Penonton: 30.000

FIFA Matchday

  • 21 Maret 2017: Timnas Indonesia 1-3 Myanmar
  • Jumlah Penonton: -
  • 27 September 2022: Timnas Indonesia 2-1 Curacao
  • Jumlah Penonton: 21.819
4 dari 5 halaman

Stadion Patriot Candrabahaga

Stadion Patriot lebih sering digunakan sebagai venue untuk turnamen level usia atau kandang timnas kelompok umur ketimbang Timnas Indonesia.

Namun, Timnas Indonesia juga pernah beberapa kali beraksi di stadion berkapasitas 30 ribu itu pada periode 2017-2018.

Dari dua pertandingan di Stadion Patriot, Timnas Indonesia berhasil sekali dua di antaranya. Namun, jumlah penonton hanya 7.491 dari satu penampilan.

Stadion Patriot berada pusat Kota Bekasi, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Bekasi Selatan dan hanya berjarak 1,7 kilometer dari Stasiun Bekasi.

Jika Stadion Patriot punya keunggulan dekat dengan transportasi umum, sebaliknya stadion ini tidak ramah dengan kendaraan pribadi.

Stadion Patriot minim laham parkir sehingga penonton yang membawa kendaraan bermotor kerap kali memilih untuk menitipkan di kantung-kantung parkir tidak resmi di sekeliling stadion.

5 dari 5 halaman

Rekor Timnas Indonesia ketika Berkandang di Stadion Patriot Candrabhaga

FIFA Matchday

  • 2 September 2017: Timnas Indonesia 0-0 Fiji
  • Jumlah Penonton: -
  • 25 November 2017: Timnas Indonesia 2-1 Guyana
  • Jumlah Penonton: 7.491

Video Populer

Foto Populer