Sukses


3 Penggawa Tertua Timnas Indonesia dalam Sejarah Piala AFF: Fachruddin Aryanto Bakal Pertajam Rekor

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia tengah berada dalam proses transformasi di bawah arahan pelatih Shin Tae-yong. Banyak hal berubah sejak juru racik strategi asal Korea Selatan itu menjabat pada awal 2020 lalu.

Satu yang tampak jelas adalah wajah skuad Garuda yang terlihat jauh lebih segar. Pelatih berusia 52 tahun itu sengaja memanggil banyak pemain muda untuk mengisi Timnas Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Kesempatan melatih tim kelompok umur memberikannya pandangan yang lebih luas. Pria yang akrab disapa STY tersebut jadi memiliki banyak opsi untuk mendapatkan pemain ideal yang sesuai dengan skema permainannya.

Meski begitu, ia tak langsung mengabaikan peran pemain berpengalaman di timnya. Jika menilik kebiasannya, ia tetap akan memasukkan beberapa pemain gaek untuk menyeimbangkan skuadnya.

Jelang bergulirnya Piala AFF 2022, Bola.com mencoba mengulik kembali deretan pemain paling tua yang memperkuat Timnas Indonesia dan tampil dalam tiga edisi terakhir turnamen sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara tersebut. Siapa saja mereka?

2 dari 4 halaman

Fachruddin Wahyudi Aryanto

Kapten Timnas Indonesia, Fachruddin Wahyudi Aryanto jadi satu-satunya pemain yang berpotensi mempertajam rekor pemain tertua yang bermain untuk Tim Garuda di Piala AFF.

Pemain yang memperkuat klub Madura United itu jadi satu-satunya pemain gaek yang masih rutin dipanggil Shin Tae-yong. Ban kapten yang melingkar di lengannya menjadi bukti seberapa vital perannya di skuad muda Indonesia.

Pria asal Klaten itu terakhir kali tampil saat menghadapi Thailand di leg pertama pertandingan final Piala AFF 2020 pada awal tahun ini. Kala itu, ia telah berusia 32 tahun 10 bulan dan 13 hari.

3 dari 4 halaman

Victor Igbonefo

Pemain naturalisasi asal Nigeria, Victor Igbonefo, jadi nama kedua yang berada dalam daftar ini. Ia masih terlibat dalam skuad Indonesia pada perhelatan Piala AFF 2020 yang berlangsung akhir tahun lalu.

Berbeda dengan Fachruddin yang mengunci tempat utama, pemain asal klub Persib Bandung ini bisa dikatakan bukan pilihan utama Shin Tae-yong. Ia hanya mendapatkan kesempatan turun di laga perdana sebelum jadi pemain cadangan sepanjang turnamen.

Walau begitu, satu penampilannya di turnamen lalu sudah cukup membuatnya masuk dalam buku rekor. Ia berusia 36 tahun, 1 bulan dan 29 hari saat menghadapi Kamboja di fase grup.

4 dari 4 halaman

Alberto Goncalves

Penyerang asal klub Madura United, Alberto Goncalves memegang status pemain tertua yang pernah tampil dan mencetak gol untuk Timnas Indonesia di ajang Piala AFF.

Pemain naturalisasi asal Brasil itu merupakan jagoan tim Merah Putih pada perheletan Piala AFF 2018. Bersama Stefano Lilipaly, ia membentuk kemitraan yang solid sejak Asian Games 2018.

Namun, penampilan terakhirnya di Piala AFF pada usia 37 tahun, 10 bulan dan 25 hari, harus berakhir tragis. Pria yang akrab disapa Beto ini gagal membawa Indonesia mentas dari fase grup setelah nangkring di posisi keempat dengan perolehan empat poin.

Video Populer

Foto Populer