Sukses


Survei Indikator: Erick Thohir Unggulan No 1 Jadi Ketua PSSI, Iwan Bule Posisi 4

Bola.com, Jakarta - Hasil survei Indikator Politik Indonesia bertajuk 'Sikap Publik terhadap Tragedi Kanjuruhan dan Reformasi PSSI' menunjukkan bahwa Erick Thohir menjadi tokoh yang paling pantas sebagai Ketua PSSI.

Indikator Politik Indonesia melakukan survei pada 30 Oktober-5 November 2022 dengan metode multistage random sampling yang berjumlah 1.220 orang melalui wawancara tatap muka.

Indikator Politik Indonesia memunculkan delapan nama yang dianggap layak memimpin PSSI yang lalu dipilih oleh publik.

Dari delapan figur itu, Erick Thohir memperoleh persentase sebesar 24,1 persen, disusul Najwa Shihab 10,4 persen, dan Kaesang Pangarep dengan 5,8 persen.

Ketua PSSI petahana, Mochamad Iriawan masih mendapatkan kepercayaan dari publik dengan menempati peringkat keempat 'Tokoh yang Paling Pantas Menjadi Ketua PSSI' dengan 5,4 persen.

2 dari 5 halaman

Ratu Tisha Kalah dari La Nyalla Mattalitti

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM (Menkopolhukam), Mahfud MD menduduki posisi kelima dengan 4,9 persen dan pemegang saham Persebaya, Azrul Ananda di peringkat keenam dengan 3 persen.

Mantan Sekjen PSSI, Ratu Tisha masuk nominasi tokoh yang pantas menjadi Ketua PSSI, namun berada pada urutan terbawah dengan 0,4 persen.

Di atas Ratu Tisha, bercokol Ketua DPD RI, La Nyalla Mattalitti dengan 1,3 persen dalam survei Indikator Politik Indonesia terkait 'Tokoh yang Paling Pantas Menjadi Ketua PSSI'.

3 dari 5 halaman

Dipaparkan via Zoom

La Nyalla adalah mantan Ketua PSSI pada April-Mei 2015 dan Wakil Ketua PSSI pada Maret 2013-April 2015.

Sebanyak 0,4 persen lainnya dalam survei Indikator memilih tokoh lain dalam daftar tersebut yang namanya tidak disebutkan.

Hasil survei Indikator dipaparkan oleh Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam diskusi bertitel 'Rilis Survei Nasional Indikator Politik Indonesia Tragedi Kanjuruhan dan Reformasi PSSI' via daring pada Minggu (13/11/2022).

4 dari 5 halaman

KLB PSSI

Sebelumnya, PSSI berencana untuk menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada 16 Februari 2023 untuk memilih Ketua dan jajaran Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang baru.

Namun, PSSI akan lebih dulu melakukan kongres biasa pada 14 Januari tahun depan untuk membentuk Komite (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP) sebelum memutar KLB PSSI.

5 dari 5 halaman

Hasil Survei Indikator

Tokoh yang Paling Pantas Menjadi Ketua PSSI

  1. Erick Thohir: 24,1 Persen
  2. Najwa Shihab: 10,4 Persen
  3. Kaesang Pangarep: 5,8 Persen
  4. Mochamad Iriawan: 5,4 Persen
  5. Mahfud MD: 4,9 Persen
  6. Azrul Ananda: 3 Persen
  7. La Nyalla Mattalitti: 2, 1 Persen
  8. Ratu Tisha Destria: 1,3 Persen
  9. Lainnya: 0,4 Persen

Video Populer

Foto Populer