Sukses


Ikuti Jejak Ratu Tisha, Wasekjen PSSI Maaike Ira Puspita Resmi Jadi Wakil Presiden AFF

Bola.com, Siem Reap - Wakil Sekretaris Jenderal PSSI, Maaike Ira Puspita, resmi terpilih sebagai Wakil Presiden Federasi Sepak bola ASEAN (AFF) periode 2022-2026. Kepastian itu didapat pada Kongres AFF yang digelar di Siem Reap, Kamboja (14/11/2022).

Maaike Ira Puspita akan bertugas bersama tiga Wakil Presiden AFF lainnya. Mereka akan membantu kinerja dari Presiden AFF, Khiev Sameth, yang kembali terpilih untuk periode 2022-2026.

Maaike Ira Puspita berharap, bisa mengemban amanah sebagai Wakil Presiden AFF dengan baik. Menurut Maaike, kehadirannya di AFF sangat penting untuk masa depan sepak bola Indonesia.

"Insyaallah amanah ini bisa saya emban sebaik mungkin. Semoga dengan kepercayaan yang diberikan kepada saya bisa berkontribusi penting untuk kemajuan sepak bola Indonesia, termasuk sepak bola perempuan di Indonesia," kata Maaike Ira Puspita.

2 dari 4 halaman

Pesan Iwan Bule

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, juga menyambut baik terpilihnya Maaike Ira Puspita sebagai Wakil Presiden AFF. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu berharap, Maaike bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

"Semoga dengan terpilihnya Wasekjen PSSI, Maaike Ira Puspita bisa menjadi amanah dan bisa menjalankan tugasnya dengan baik," tegas Iwan Bule.

Menurut struktur organisasi di AFF, posisi Presiden AFF akan diisi satu orang, sementara wakil presiden ada empat. Kemudian lima orang untuk anggota dewan, satu untuk anggota dewan eksekutif yang mewakili AFF di AFC, serta lima orang untuk anggota dewan perempuan AFF.

3 dari 4 halaman

Ikuti Jejak Ratu Tisha

Maaike Ira Puspita kini mengikuti jejak Ratu Tisha yang pernah menjadi Wakil Presiden AFF. Ratu Tisha ketika itu menjadi satu-satunya wakil Indonesia di kepengurusan AFF tersebut.

Ratu Tisha terpilih pada Kongres AFF yang digelar di Bali untuk periode 2018-2022. Namun, Ratu Tisha mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Sekjen PSSI pada 2019.

Meskipun sudah mundur, namun Ratu Tisha ketika itu masih terdaftar sebagai Wakil Presiden AFF. Penyebabnya adalah perwakilan di AFF merupakan status individu bukan sebagai perwakilan dari organisasi.

4 dari 4 halaman

Rekam Jejak

Maaike Ira Puspita ditunjuk sebagai Wasekjen PSSI pada Januari 2020. Sejak saat itu, namanya kerap menjadi perwakilan PSSI di dalam maupun luar negeri.

Meskipun tak memiliki rekam jejak di sepak bola, namun Maaike Ira Puspita dikenal sebagai wanita yang cerdas. Maaike Ira Puspita memiliki kemampuan bahasa Inggris yang bagus serta pemahaman luas di bidang kesekjenan.

Maaike Ira Puspita sering mewakili PSSI dalam sejumlah agenda penting di luar negeri. Sebut saja Kongres FIFA dll.

Video Populer

Foto Populer