Sukses


4 Pemain Timnas Indonesia di Eropa Terancam Absen pada Piala AFF 2022: Susah Dapat Izin?

Bola.com, Jakarta - Piala AFF 2022 tak lama lagi akan digelar. Ajang dua tahunan itu akan mulai berlangsung pada 20 Desember 2022 dan baru berakhir pada 16 Januari 2023.

Timnas Indonesia masih terus memburu gelar di ajang itu. Rasa penarasan tersebut dirasa wajar, karena Tim Merah-Putih hanya berstatus runner-up dalam enam edisi Piala AFF.

Terbaru, Timnas Indonesia kalah pada final Piala AFF 2020. Saat itu, skuad asuhan Shin Tae-yong tersebut kalah 2-6 secara agregat dari Thailand.

Pada Piala AFF 2022, Timnas Indonesia diharapkan bisa tampil dengan kekuatan terbaik. Namun, ada beberapa tantangan yang mungkin dihadapi Timnas Indonesia pada Piala AFF 2022.

Misalnya kemungkinan absennya para pemain Timnas Indonesia yang saat ini menjalani karier di Eropa. Beberapa kompetisi Eropa memang masih berlangsung ketika Piala AFF 2022 digulirkan. Berikut ini empat pemain yang terancam absen.

2 dari 5 halaman

Elkan Baggott

Elkan Baggott bisa saja absen membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. League Two, tempat Baggott berkompetisi tidak libur ketika Piala AFF 2022 bergulir.

Tampaknya cukup sulit bagi Timnas Indonesia untuk memaksa Baggott pulang ke Tanah Air. Pasalnya, Piala AFF 2022 memang tidak masuk kalender resmi FIFA.

Apalagi, Elkan Baggott menjadi bagian penting di Gillingham musim ini. Posisinya sebagai satu di antara bek tengah andalan di lini belakang Gillingham sejauh ini sulit digantikan.

Bisa jadi skenario pada Piala AFF 2020 terulang kembali. Baggott bisa membela Timnas Indonesia ketika Piala AFF 2022 sudah memasuki fase gugur.

3 dari 5 halaman

Witan Sulaeman

Berbeda dengan Elkan Baggott, kemungkinan Witan Sulaeman untuk bisa membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 jauh lebih besar.

Fortuna Liga memikliki aturan libur pada akhir tahun. Kompetisi kasta tertinggi di Slovakia itu akan mulai libur pada awal Desember 2022. Liga Slovakia itu akan kembali bergulir pada pekan kedua Februari 2023.

Witan adalah pilar penting Timnas Indonesia era Shin Tae-yong. Pemain berusia 21 tahun ini pun berkembang menjadi pemain yang lebih komplet.

4 dari 5 halaman

Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri bermain di Liga yang sama dengan Witan. Bedanya, Egy bermain untuk Zlate Moravce, sementara Witan untuk AS Trencin.

Kemungkinan Egy bisa membela Timnas Indonesia pada Piala AFF 2022 terbuka lebar. Fortuna Liga memiliki kebijakan libur yang cukup panjang pada akhir hingga awal tahun.

Zlate pun sepertinya tak terlalu keberatan melepas Egy untuk sementara. Eks pemain Lechia Gdansk itu masih kesulitan mendapatkan menit utama di Zlate.

5 dari 5 halaman

Sandy Walsh

Pemain berusia 28 tahun ini masih belum pasti bisa bermain di Piala AFF 2022. Saat ini proses sumpah untuk resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) masih belum dilakukan Walsh.

Selain itu, liga sepak bola level tertinggi Belgia tempat Walsh bermain, Jupiler Pro League baru akan memasuki waktu libur pada 24 Desember 2022.

Saat itu, Piala AFF 2022 sudah melangsungkan beberapa laga di fase grup. Dengan persiapan yang mepet, akan sangat sulit pula melihat Walsh bisa tampil maksimal.

Video Populer

Foto Populer