Sukses


Timnas Indonesia Bisa Gunakan Stadion dan Tempat Latihan Bali United jika Bermarkas di Pulau Dewata Saat Piala AFF 2022

Bola.com, Jakarta - PSSI sedang mempertimbangan rencana menjadikan Bali sebagaiĀ markasĀ Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut nantinya pasukan Shin Tae-yong bisa menggunakan markas dan tempat latihan dari Bali United.

Bila rencana pemilihan Bali sebagai kandang Timnas Indonesia pada Piala AFF 2022 disetujui, maka Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, bakal dipilih sebagai venuenya.

Adapun untuk latihan, skuad Merah Putih bisa menggunakan Training Ground Bali United di kawasan Pantai Purnama, Gianyar.

"Saya melihat lapangan latihan yang dibangun Pak Pieter Tanuri bagus. Ada di pinggir laut dan udara bagus," kata Mochamad Iriawan.

"Kami juga lihat lapangan utama yang di Kapten I Wayan Dipta. Mungkin Timnas Bisa latihan dan nanti akan dilihat kembali," tegas pria yang akrab disapa Iwan Bule.

Stadion Kapten I Wayan Dipta sudah pernah menggelar laga kandang Timnas Indonesia. Ketika itu, Timnas Indonesia menghadapi Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 (14/10/2019) dan menghadapi Timor Leste pada laga persahabatan (27 dan 30 Januari 2022)

2 dari 5 halaman

Permintaan Shin Tae-yong

Rencana menjadikan Bali sebagai markas Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 merupakan permintaan langsung dari pelatih Shin Tae-yong. Seperti diketahui, Timnas Indonesia memang ingin menggelar pemusatan latihan jelang Piala AFF di Pulau Dewata.

Shin Tae-yong menganggap ada baiknya Tim Garuda tetap berada dan bermarkas di Bali pada Piala AFF. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut pihaknya siap merealisasikan keinginan tersebut.

"Shin Tae-yong meminta di Bali. Saat ini, kami masih mempertimbangkannya. Intinya, kami ingin memberikan yang terbaik untuk Timnas Indonesia," kata Mochamad Iriawan.

3 dari 5 halaman

Diputuskan Pekan Ini

Mochamad Iriawan juga menyebut, pekan ini bakal diputuskan terkait kandang yang akan digunakan oleh Timnas Indonesia pada Piala AFF 2022. Iriawan masih menunggu laporan dari tim penilai kelayakan Stadion Kapten I Wayan Dipta.

"Mungkin seminggu ini akan ada kepastian. Nanti ada tim lain yang menilai," tegas Iriawan.

Timnas Indonesia bakal bermain dua kali di kandang pada Piala AFF 2022. Pasukan Shin Tae-yong akan berduel melawan Kamboja (23/11/2022) dan Thailand (29/11/2022) pada laga kandang.

4 dari 5 halaman

Sulit Penerbangan

Bila sepakat berkandang di Bali, maka Timnas Indonesia berpotensi kesulitan mendapatkan penerbangan langsung untuk duel tandang ke Brunei Darussalam. Penyebabnya karena tidak ada penerbangan langsung dari Denpasar ke Bandar Seri Begawang.

Opsi terbaik yang dimiliki adalah harus melakoni penerbangan Denpasar - Bandar Seri Begawang via Kuala Lumpur. Penerbangan itu menghabiskan waktu selama sembilan jam ditambah waktu transit di Malaysia.

Adapun untuk duel tandang ke Filipina tak ada masalah. Sudah ada penerbangan langsung dari Bali ke Manila.

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

  • 23/11/2022 - Timnas Indonesia Vs Kamboja
  • 26/11/2022 - Brunei Darussalam Vs Timnas Indonesia
  • 29/11/2022 - Timnas Indonesia Vs Thailand
  • 2/1/2023 - Filipina Vs Timnas Indonesia

Video Populer

Foto Populer