Sukses


Perbandingan Performa Trio Pemain Naturalisasi di Timnas Indonesia U-20, Siapa Paling Oke?

Bola.com, Jakarta - Sebagai tuan rumah perhelatan Piala Dunia U-20 2023, Timnas Indonesia U-20 jelas tak ingin menanggung malu. Semua cara dilakukan PSSI untuk meningkatkan daya saing Tim Garuda Nusantara.

Program pemusatan latihan (TC) di Eropa merupakan satu di antaranya. Selepas melakoni beberapa laga uji coba di Turki, Marselino Ferdinan dkk. bergerak ke Spanyol untuk menghadapi dua lawan tangguh.

Slowakia U-20 dan Prancis U-20 yang sudah memastikan tampil di Indonesia, bakal jadi lawan Tim Garuda Nusantara. Menghadapi calon lawan di Piala Dunia U-20 tentu akan sangat berharga bagi mentalitas pemain.

Selain program TC jangka panjang seperti itu, PSSI juga menempuh cara lain untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20. Program memakai jasa pemain Naturalisasi dipilih untuk meningkatkan kekuatan tim secara instan.

Ivar Jenner (FC Utrecht U-21) dan Justin Hubner (Wolverhampton Wanderers U-21) yang berdarah Indonesia-Belanda mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20. Selain itu, ada juga Delano van der Heijden (Feyenoord U-21) yang belum bergabung.

Lantas, siapa di antara ketiga pemain pemain naturalisasi di Timnas Indonesia U-20 itu yang memiliki performa oke? Apakah kelebihan mereka bisa jadi pembeda bagi skuad Garuda Nusantara? Berikut ini ulasan selengkapnya.

 

2 dari 5 halaman

Justin Hubner Paling Sering Tampil di Level Klub

Dilansir dari laman Transfermarkt, Justin Hubner sedikit lebih unggul dibandingkan dua rekannya tersebut terkait menit bermain. Pemain kidal itu mendapatkan kesempatan dalam empat laga awal Premier League U-21.

Hal ini sangat kontras dengan apa yang didapatkan Ivar Jenner bersama FC Utrecht U-21. Ia hanya menjadi penghangat bangku cadangan tanpa sekalipun pernah bermain.

Sementara itu, Delano van der Heijden ternyata sudah sempat mencicipi pengalaman kompetitif di skuad senior. Tetapi, ia hanya bermain selama 24 menit dalam satu laga awal.

 

3 dari 5 halaman

Nilai Pasar Ivar Jenner Cukup Tinggi

Walaupun jarang dimainkan, Ivar Jenner boleh menepuk dada. Di antara ketiga pemain tersebut, hanya pemain berusia 18 tahun itu yang memiliki harga pasaran di laman Transfermarkt.

Dalam update terakhir pada Oktober 2022 lalu, nilai pasaran pemain berdarah Indonesia-Belanda tersebut mencapai Rp434 juta. Tetapi, angka ini masih sangat kecil bila dibandingkan dengan pemain lokal seperti Marselino Ferdinan (Rp3,91 miliar).

Nilai pasar biasanya ditentukan komunitas Transfermarkt dengan mempertimbangkan penampilan pemain, baik di level klub maupun timnas. Tetapi, ada banyak faktor lain seperti potensi pemain dan usia yang menjadi salah satu pertimbangan.

 

4 dari 5 halaman

Justin Hubner Punya Pengalaman Internasional Segudang

Dibandingkan kedua rekannya, Justin Hubner kembali unggul perkara pengalaman bermain di level Internasional. Pemain yang sempat dipinjamkan ke Den Bosch U-17 itu, rupanya masih aktif bermain untuk Belanda U-19 pada Juni 2022.

Tak main-main, Hubner merupakan pemain utama di skuad asuhan Bert Konterman tersebut. Ia ikut diturunkan pada kualifikasi Piala Eropa U-19 menghadapi Serbia U-19, Norwegia U-19, hingga Ukraina U-19.

Kehadirannya jelas bakal menambah jam terbang untuk Tim Merah Putih di Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20. Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, ibarat mendapatkan durian runtuh setelah berhasil membujuknya memilih Indonesia.

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia U-20 di Costa Calida Region de Murcia Football Week

18 November 2022

  • Prancis U-20 Vs Timnas Indonesia U-20Kick-off: 00.00 WIB

19 November 2022

  • Slovakia U-20 Vs Timnas Indonesia U-20Kick-off: 18.00 WIB
  • Live di INDOSIAR 

Video Populer

Foto Populer