Sukses


4 Bomber Timnas Indonesia yang Pernah Jadi Top Scorer Piala AFF: Gendut Doni Pertama, Bepe Terbanyak

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia sejauh ini belum pernah menjadi juara di ajang Piala AFF. Hanya enam gelar runner-up yang sejauh ini bisa dibanggakan Tim Merah-Putih.

Enam gelar runner-up itu datang dari Piala AFF 2000, 2002, 2004, 2010. Kemudian pada edisi Piala AFF 2016 dan 2020.

Namun, di beberapa edisi para pemain Timnas Indonesia mampu tampil sebagai top scorer alias pencetak gol terbanyak.

Sejauh ini sudah ada empat pemain Timnas Indonesia yang mampu meraih gelar itu. Mereka adalah Bambang Pamungkas, Budi Sudarsono, Gendut Doni Christiawan, dan Ilham Jayakesuma.

2 dari 6 halaman

8 Gol Bepe pada 2002

Piala AFF 2002 menjadi ajang yang spesial bagi Bambang Pamungkas. Pemain kelahiran, Salatiga, Jawa Tengah itu mampu meraih gelar pencetak gol terbanyak dengan delapan gol.

Jumlah delapan gol itu merupakan yang terbanyak yang bisa dicatatkan pemain Timnas Indonesia dalam satu ajang Piala AFF.

Sayangnya, Bepe gagal mengakhiri Piala AFF 2002 dengan manis. Timnas Indonesia kalah lewat babak adu tendangan penalti dari Thailand di Stadion Gelora Bung Karno dalam leg kedua pertandingan final.

3 dari 6 halaman

Budi Jadi yang Terakhir

Budi Sudarsono menjadi top scorer Piala AFF 2008. Ia mencetak empat gol saat itu. Catatan gol Budi sama dengan yang dicatatkan Agu Casmir (Singapura) dan Teerasil Dangda (Thailand).

Ketiganya pun menjadi pencetak gol terbanyak bersama pada Piala AFF 2008. Sayangnya, Budi pun tak bisa memberikan gelar juara untuk Indonesia pada Piala AFF 2008.

Saat itu laju Timnas Indonesia terhenti di babak semifinal. Skuad asuhan Benny Dollo kalah dari Thailand dalam laga dua leg.

Budi Sudarsono pun menjadi pemain Indonesia terakhir yang mampu meraih gelar top scorer di Piala AFF. Setalah itu pemain Thailand mendominasi penghargaan tersebut.

4 dari 6 halaman

Ilham Jaya Kesuma

Ilham Jaya Kesuma menjadi andalan di lini depan Timnas Indonesia di Piala AFF 2004, di mana ia berpasangan dengan Boaz Solossa yang saat itu baru saja memperkuat Tim Garuda.

Dalam empat pertandingan, Ilham Jaya Kesuma sukses mencetak tujuh gol yang membuatnya menjadi top scorer di Piala AFF 2004, di mana ia juga mencetak hattrick dalam kemenangan 8-0 atas Kamboja di fase grup.

Sayangnya, lagi-lagi Timnas Indonesia gagal melengkapi prestasi Ilham karena harus kembali menjadi runner-up setelah kalah dari Singapura di partai final dengan agregat 2-5.

5 dari 6 halaman

Gendut Doni yang Pertama

Gendut Doni Christiawan adalah striker pertama Timnas Indonesia yang berhasil mencatatkan diri sebagai top scorer di Piala AFF. Gendut yang mengawali karier di PSIS Semarang, berhasil menjadi top scorer di Piala AFF 2000 dengan torehan lima gol.

Saat itu, Gendut Doni juga berhasil membawa Tim Garuda melangkah hingga pertandingan final, setelah pada pertandingan semifinal sukses mencetak gol penentu kemenangan atas Vietnam yang dibuatnya pada babak extra time.

Sayangnya, Tim Garuda harus kalah dari Thailand di pertandingan final, di mana itu kali pertama Timnas Indonesia menyabet predikat runner-up di Piala AFF yang dulu dikenal dengan istilah Piala Tiger.

6 dari 6 halaman

Deretan Pemain Timnas Indonesia yang Menjadi Top Scorer di Piala AFF

- Piala AFF 2000: Gendut Doni Christiawan (5 gol)

- Piala AFF 2002: Bambang Pamungkas (8 gol)

- Piala AFF 2004: Ilham Jayakesuma (7 gol)

- Piala AFF 2008: Budi Sudarsono (4 gol)

Video Populer

Foto Populer