Sukses


4 Amunisi Timnas Indonesia di Eropa Terancam Tak Bermain Penuh di Piala AFF 2022: PR PSSI Melobi Klub Nih

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan segera melakukan pemusatan latihan untuk menyambut datangnya Piala AFF 2022. Rencananya, pemusatan latihan itu akan digelar di Bali mulai Minggu, 28 November 2022.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pun sudah memanggil 28 nama untuk mengisi skuad sementara Garuda. Termasuk empat pemain yang saat ini berlaga di Eropa.

Empat pemain yang dimaksud adalah Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Sandy Walsh, dan Elkan Baggott.

Ada kekhawatiran empat pemain itu tidak bisa berlaga di Piala AFF 2022 yang bukan turnamen resmi FIFA. Belakangan, PSSI mencoba mengatasi hal itu.

PSSI terlihat intens melakukan komunikasi dengan klub-klub pemilik para pemain itu. Komunikasi dilakukan supaya mereka diberi izin berlaga di Piala AFF 2022.

2 dari 4 halaman

Terlambat?

Berkaca pada Piala AFF 2020, saat itu para pemain yang berlaga di Eropa tetap bisa bermain untuk Timnas Indonesia. Meski sebagian dari mereka telat bergabung.

Pada laga pertama melawan Kamboja, hanya Witan Sulaeman yang bisa masuk line up dan dimaunkan. Sementara Egy dan Baggott belum bisa bergabung.

Melihat jadwal padat di Inggris dan Belgia tempat Baggott dan Walsh berlaga pada bulan Desember, rasa-rasanya keduanya bisa bergabung tapi ketika Piala AFF 2022 sudah memasuki fase akhir babak grup.

Peluang Witan dan Egy bergabung dengan skuad Timnas Indonesia sejak awal Piala AFF 2022 cukup besar. Sebab, kompetisi sepak bola Slovakia sudah memasuki libur musim dingin ketika Piala AFF 2022 berlangsung.

3 dari 4 halaman

Tantangan Walsh

Tantangan besar dihadapi PSSI untuk bisa memastikan Sandy Walsh bergabung dengan skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. PSSI tak hanya harus memastikan izin dari klub Walsh, KV Mechelen.

Mereka juga harus bergerak cepat menyelesaikan proses perpindahan federasi pada pemain keturunan Belanda itu. Proses itu memang perlu dilakukan sebuah federasi ketika mereka baru saja melakukan proses naturalisasi.

Walsh diketahui belum lama ini baru beralih menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Walsh melakukan proses itu bersama pemain keturunan Spanyol, Jordi Amat.

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia di Grup A Piala AFF 2022

Timnas Indonesia Vs Kamboja (23 Desember 2022)

Brunei Darussalam Vs Timnas Indonesia (26 Desember 2022)

Timnas Indonesia Vs Thailand (29 Desember 2022)

Filipina Vs Timnas Indonesia (2 Januari 2022)

Video Populer

Foto Populer