Sukses


Tidak Semua Pemain Abroad Bisa Bergabung dengan Timnas Indonesia untuk Hadapi Piala AFF 2022

Bola.com, Jakarta - Perhelatan Piala AFF 2022 kian dekat. Timnas Indonesia pun telah melakukan persiapan dengan menggelar pemusatan latihan atau training center (TC) di Bali sejak Minggu, 28 November 2022.

Total ada 28 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti TC Timnas Indonesia. Dari jumlah tersebut, delapan di antaranya merupakan pemain yang saat ini berkarier di luar negeri.

Mereka adalah Elkan Baggott (Gillingham FC, Inggris), Pratama Arhan (Tokyo Verdy, Jepang), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners, Korea Selatan), dan Egy Maulana Vikri (FV ViOn Zlate Moravce, Slovakia).

Kemudian ada Witan Sulaeman (AS Trencin, Slovakia), Saddil Ramdani (Sabah FC, Malaysia). Termasuk dua pemain naturalisasi yang ada di Timnas Indonesia yakni Sandy Walsh (KV Mechelen, Belgia), dan Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim, Malaysia).

2 dari 7 halaman

Berpeluang Tak Lengkap

Hanya, beberapa dari mereka kemungkinan tidak bisa bergabung dengan skuad Garuda. Mengingat Piala AFF sendiri tidak termasuk dalam kalender FIFA, sehingga klub tidak punya kewajiban melepas pemain yang dipanggil ke Timnas.

Turnamen Piala AFF 2022 dijadwalkan berlangsung pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Kondisi ini jelas berdampak pada pemanggilan pemain. Sebab, tak sedikit pemain yang saat itu masih berlaga membela klubnya masing-masing.

3 dari 7 halaman

Sandy Walsh

Sandy Walsh, misalnya. Pemain berusia 27 tahun itu bisa saja absen dalam ajang dua tahunan itu. Sebab, Liga Belgia yang dimulai sejak 23 Juli 2022 itu baru akan berakhir pada 22 Mei 2023.

Karena itu, belum diketahui secara pasti apakah Sandy Walsh bisa bergabung dengan Timnas atau tidak. Terlebih, sejauh ini dia cukup diandalkan oleh timnya dan sudah mencetak dua gol serta dua assist dari 17 pertandingan.

4 dari 7 halaman

Elkan Baggott

Sementara Elkan Baggott dikabarkan baru akan dilepas klubnya, Gillingham FC untuk bergabung ke Timnas jika masuk semifinal dan final. Pasalnya, Elkan merupakan salah satu andalan tim yang berkompetisi di League Two tersebut.

Jasa Elkan Baggott memang sangat dibutuhkan timnya saat ini, terlebih dalam waktu dekat Gillingham FC bakal menjalani babak kedua Piala FA dengan melawan Dagenham & Redbridge FC pada 27 November.

Gillingham FC juga akan menghadapi wakil Premier League Wolverhampton Wanderers di babak 16 besar Piala Liga Inggris pada 21 Desember 2022. Sejauh ini Elkan Baggott sudah membukukan 23 penampilan dan mencetak dua gol untuk timnya.

5 dari 7 halaman

Egy Maulana Vikri

Hingga kini Egy Maulana Vikri juga belum diizinkan klubnya untuk bergabung bersama Timnas. PSSI sendiri masih menunggu respons dari klub Egy, Zlate Moravce.

Tetapi besar kemungkinan Egy akan dilepas lantaran Liga Slovakia saat ini sudah memasuki libur musim dingin dan akan berlanjut pada Februari 2023.

Bersama Zlate, pemain 22 tahun itu sudah bermain sebanyak delapan kali dan mencatatkan satu assist di Liga Slovakia. Meski sering dimainkan sebagai pemain pengganti, perlahan performa Egy mulai membaik.

6 dari 7 halaman

Upaya PSSI Lobi Pemain

PSSI sejatinya telah bersurat kepada klub masing-masing pemain. Juru taktik Timnas Indonesia, Shin Tae-yong bahkan terbang langsung ke Inggris dan Belgia demi bisa memakai jasa Elkan Baggott serta Sandy Walsh di Piala AFF 2022. Di sana, pelatih asal Korea Selatan itu bernegosiasi dengan perwakilan klub Elkan dan Sandy.

Sementara satu pemain yang dipastikan bisa berpartisipasi di ajang Piala AFF 2022 adalah Witan Sulaeman. Kabarnya Witan akan bergabung pemusatan latihan di Bali pada 4 Desember mendatang.

Lantas, bagaimana dengan empat pemain lainnya? Untuk itu, kita tunggu saja kabar selanjutnya dari federasi.

Timnas Indonesia akan menjalani babak penyisihan grup Piala AFF 2022 pada 23 Desember sampai 2 Januari mendatang. Skuad Garuda tergabung di Grup A dan akan bersaing dengan Kamboja, Filipina, Brunei Darussalam, dan Thailand. (Ana Dewi)

7 dari 7 halaman

Skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Daftar 28 Pemain Timnas Indonesia

Kiper: Nadeo Argawinata, Muhammad Riyandi, Syahrul Trisna,

Bek: Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, Pratama Arhan, Hansamu Yama, Andy Setyo, Edo Febriansyah

Gelandang: Marc Klok, Syahrian Abimanyu, Marselino Ferdinan, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Dzaky Asraf, Yakob Sayuri, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani

Penyerang: Dimas Drajad, Muhammad Rafli, Dendy Sulistyawan, Ramadhan Sananta

Video Populer

Foto Populer