Sukses


Kembali ke Timnas Indonesia Jelang Piala AFF 2022, Doa Hansamu Yama 5 Bulan Lalu Terkabul

Bola.com, Kediri - Hansamu Yama Pranata kembali mendapatkan panggilan untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia yang diproyeksi tampil di Piala AFF 2022. Hansamu Yama menjadi satu dari 28 pemain yang ikut digembleng Shin Tae-yong di Bali.

Hansamu Yama, yang kini membela Persija Jakarta, terbilang sudah cukup lama tidak berseragam Timnas Indonesia. Terakhir kali ia ikut membela Timnas Indonesia di Piala AFF aladah pada 2018.

"Alhamdulillah bersyukur dan sangat senang mendapatkan kesempatan kembali dari Shin Tae-yong untuk mengikuti pemuatan latihan Timnas Indonesia," ujar Hansamu Yama dalam akun Instagram PSSI.

Setelah menjadi bagian dari skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 dan 2018, Hansamu Yama sempat absen ketika Piala AFF 2020 berlangsung pada akhir 2021 lalu. Shin Tae-yong tidak membawanya ke Tim Garuda yang berhasil melangkah hingga final.

 

2 dari 4 halaman

Siap Mengerahkan Kemampuan Maksimal

Kembali mendapatkan kesempatan berseragam Timnas Indonesia, pemain kelahiran Mojokerto, Jawa Timur, 16 Januari 1995 itu bertekad memperlihatkan performa terbaik di turnamen bergengsi di kawasan Asia Tenggara itu.

"Saya bertekad memberi kemampuan maksimal dan membawa Timnas Indonesia meraih hasil terbaik di Piala AFF 2022," ujar Hansamu Yama.

Sekitar tiga tahun lalu Hansamu Yama punya dua atribut paten di Timnas Indonesia. Tak hanya menjadi benteng kukuh di pertahanan Tim Garuda, ia juga diperaya mengenakan ban kapten Tim Garuda.

Ketika itu usia Hansamu Yama masih menginjak 24 tahun, sebuah pencapaian yang luar biasa bagi pemain yang belum memasuki era keemasannya.

Namun, Hansamu sempat menghilang dari daftar pemain Timnas Indonesia ketika nakhoda Tim Garuda berpindah tangan dari tangan Simon McMenemy ke Shin Tae-yong. Namun, dia sempat mendapatkan panggilan mengikuti pemusatan latihan pada awal 2020.

 

3 dari 4 halaman

Harapan Kembali ke Timnas Indonesia

Baru lima bulan lalu, ketika Persija Jakarta akan melakoni laga uji coba melawan Sabah FA, Hansamu Yama mengungkapkan harapannya untuk kembali memperkuat Timnas Indonesia.

"Sebagai pemain, saya pasti ingin kembali lagi ke Timnas Indonesia. Namun, saya menyadari bahwa Timnas Indonesia sekarang diisi oleh pemain bagus-bagus. Banyak pemain muda dan ada beberapa pemain senior juga," ujar Hansamu kala itu.

Berusaha mendapatkan tempat di skuad Garuda yang akan berlaga di Piala AFF 2022, Hansamu Yama akan bersaing dengan tiga pemain bertahan keturunan dan naturalisasi, Elkan Baggott, Jordi Amat, dan Sandy Walsh.

Selain itu, Hansamu juga akan berebut tempat dengan bek lokal seperti Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, dan Andy Setyo.

4 dari 4 halaman

Pembagian Grup Piala Dunia 2022

Video Populer

Foto Populer